IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 1.1. Merubah Windows Server 2012 dari Core ke Gui


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara nya merubah tampilan Windows Server 2012 dari versi Core ke versi Gui. 

Konsep Dasar

Windows Server 2012 ini memang unik, yaitu bisa merubah tampilannya dari Core ke Gui, begitupun sebaliknya. Fitur merubah tampilan dari Core ke GUI tersebut sangat berguna untuk orang banyak karena terkadang orang suka bosan dengan tampilan yang seperti itu-itu saja, terlebih lagi tampilan core yang hanya menampilkan text saja. Fitur ini sangat mudah digunakan karena penggunanya tidak perlu melakukan install ulang. Tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita lihat cara merubah tampilannya.

Praktik dan Pembahasan

1. Masukkan CD Windows Server kemudian buat folder dengan nama mountdir caranya dengan mengetikkan command seperti gambar dibawah.


2. Kemudian masuk ke directory C:/ lalu kita lihat isinya menggunakan perintah dir.

 3. Selanjutnya kita akan mencari no index untuk merubah server core ke gui dan sesuaikan dengan edisi anda. Masukkan perintah Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\install.wim


 4. Muncul data data seperti gambar diatas. Karna saya menggunakan Windows Server 2012 Stadard Edition versi Core dan saya ingin merubah tampilannya menjadi gui. Maka saya memilih index 2.


5. Mount image index 2 menggunakan perintah Dism /mount-wim /Wim-File:D:\sources\install.wim /index:2 /MountDir:C:\mountdir /readonly


 6. Kemudian proses mounting akan berlangsung. Tunggu sampai proses mount image selesai.


 7. Jalankan Power shell menggunakan perintah powershell.


8. Selanjutnya aktifkan penginstallan menggunakan perintah Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell
Tunggu sampai installasi selesai. Windows akan mematikan service dan me-restart ulang .Setelah itu muncul tampilan login dan Windows server anda sekarang berubah tampilan menjadi Gui.

9. Gambar dibawah ini merupakan tampilan Windows Server 2012 versi Gui.


Cukup sekian penjelasan materi diatas dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika anda masih kurang paham atau ingin menambahkan sesuatu silahkan berkomentar pada kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel