IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi caranya membuat daftar isi blog berdasarkan label. Mengapa harus ada daftar isi di blog? tentunya kalian sudah tahu untuk apa daftar isi dan apa kegunaannya untuk pembaca. Daftar isi memudahkan pembaca dalam mencari artikel yang ingin ia cari. Dengan adanya daftar isi ini semua artikel tersusun dengan rapih dan tidak membuat bingung pembaca. Untuk itu disini saya akan menjelaskan caranya membuat daftar isi di blog berdasarkan label. Sebelum itu kita lihat dulu daftar isi yang akan dibuat, daftar isi yang akan saya buat kira-kira seperti gambar dibawah. Untuk melihat lebih detailnya anda dapat mengklik link berikut --> Daftar Isi.
daftar isi blog


Wahh keren ya, tampilannya jadi rapih. Lalu bagaimana cara membuat daftar isi tersebut? caranya mudah saja kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


1. Pertama login Blogger menggunakan akun anda masing masing. Setelah masuk ke dashboar blogger, buat laman baru dengan mengklik Pages (bahasa inggris) atau Laman (bahasa indonesia) lalu klik New Page.

membuat laman baru


2. Kemudian isikan judul, misalnya disini saya memberi judul dengan nama Daftar Isi. Setelah itu kita ganti compose menjadi HTML lalu masukkan script dibawah ini.
<div id="toc">
<script src="https://cdn.rawgit.com/GilangNetworkers/gilangnetworkers/a283c518/daftarisi.js">
</script>
<script src="https://gilznetworkers.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>
</div>
Note : ganti https://gilznetworkers.blogspot.com/ dengan URL blog anda.


3. Setelah memasukkan script diatas, jangan langsung melakukan publishing daftar isi, kita cek dulu daftar isinya dengan mengklik Pratinjau dan pastikan daftar isinya telah muncul.
membuat daftar isi blog


4. Berikut daftar isi yang kita buat kali ini pada tampilan pratinjau. Jadi daftar isi ini sudah otomatis dipisahkan berdasarkan labelnya sehingga lebih rapih dan memudahkan pembaca dalam mencari artikel yang ingin ia baca. 
melakukan pratinjau


5. Jika daftar isinya sudah muncul, jangan langsung dilakukan publishing lagi, mengapa? kita nonaktifkan komentar dulu agar tidak ada komentar pada daftar isi yang kita buat. Caranya klik Options kemudian lihat pada bagian Reader comments, pilih Don't allow. Lalu klik Done untuk menyimpan setelan.
menonaktifkan komentar


6. Jika semua step diatas sudah berhasil, langkah selanjutnya yang harus anda buat ialah melakukan publishing daftar isi yang dibuat. Caranya anda hanya perlu mengklik tombol Publish maka daftar isi akan tercantum pada blog anda.
mempublish daftar isi blog

Setelah dipublish, kalian copykan link daftar isi nya kemudian masukkan linknya pada navigasi kalian masing-masing, tergantung template blog yang kalian gunakan. Jika anda masih belum paham silahkan lanjut settingan berikut.

  • Klik View pada daftar isi yang sudah anda publish.

melakukan copy paste link daftar isi

  • Kemudian copy pastekan URL daftar isinya ke navigasi blog kalian masing-masing.

melakukan copy paste link daftar isi


Demikianlah artikel pada kali ini tentang cara membuat daftar isi blog berdasarkan label, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan menjadi acuan belajar dunia blogging. Jika anda masih kurang paham atau kurang jelas akan artikel yang saya bahas ini, jangan malu untuk bertanya pada kolom komentar. Terima kasih.

5 komentar

  1. Good,.. sangat membantu.,.,. terima kasih

    BalasHapus
  2. thanks..alias terima kasih.. sudah bisa saya pakai di blog sederhana saya,,,maklum lagi belajar

    BalasHapus
  3. terimakasih infonya, sangat membantu saya yang sedang belajar membuat blog

    BalasHapus

Search Panel