IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 5. Upgrade dan Downgrade MikroTik RouterOS

Konsep Dasar

Setiap sistem operasi tentunya memiliki versi yang berbeda beda. Pada hal tersebut dapat kita ambil contoh pada sistem operasi berbasis Windows, Linux, dan sistem operasi lainnya. Selain sistem operasi tersebut, MikroTik RouterOS juga memiliki versi yang berbeda beda. Biasanya semakin tinggi versi sistem operasi, tentunya akan menambah fitur baru serta dapat meningkatkan kinerja sistem operasi tersebut.

Sistem operasi juga dapat kita upgrade ataupun downgrade versi dengan tujuan tertentu, misalnya kita melakukan upgrade versi sistem operasi untuk menambahkan fitur. Pada MikroTik RouterOS pula kita dapat melakukan upgrade dan downgrade versi. Saat kita ingin menambahkan fitur di MikroTik RouterOS (upgrade), MikroTik selalu menyediakan changelog. Changelog itu sendiri merupakan informasi fitur-fitur tambahan atau perbaikan fitur yang dapat meningkatkan kinerja router tersebut.

Dalam melakukan upgrade versi MikroTik RouterOS dapat kita lakukan dengan beberapa cara, yakni:
  • Upgrade MikroTik RouterOS secara manual
  • Upgrade MikroTik RouterOS secara otomatis
Untuk melakukan upgrade versi MikroTik RouterOS anda dapat melihat penjelasan berikut ini.

Upgrade MikroTik RouterOS secara manual

1. Hal pertama anda harus mengecek versi dan arsitektur RouterOS anda dengan mengklik menu System >> Resource. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan perintah system resource print. Disini saya menggunakan RouterOS versi 5.25 dengan arsitektur MIPSBE. Download file yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade RouterOS di website resmi MikroTik. Disini saya akan melakukan upgrade RouterOS ke versi 6.38. Dowload file .npk nya yang digunakan untuk melakukan upgrade dengan mendownload Main Package RouterOS.
download routeros


2. Kemudian buka Files pada menu WinBox dan upload file .npk yang anda download tadi. Caranya bisa dengan melakukan drag and drop ataupun copy paste file.
mengupload file .npk


3. Setelah memasukkan file, anda dapat melakukan restart router. Caranya dengan mengklik menu System >> Reboot. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan perintah system reboot.


4. Login kembali kemudian cek versi RouterOS dan pastikan versi RouterOS telah naik ke versi baru. Untuk mengeceknya anda dapat mengklik menu System >> Resource. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan perintah system resource print. Anda juga dapat melakukan pengecekan versi RouterOS dengan mengklik menu System >> Packages.
melihat versi routeros

Upgrade MikroTik RouterOS secara otomatis

1. Untuk melakukan upgrade versi secara otomatis caranya lebih mudah tetapi membutuhkan koneksi internet yang stabil. Karena paket yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade didownload secara langsung melalui internet. Untuk melakukan upgrade RouterOS langkah awal yang anda lakukan adalah mengklik menu System >> Packages. Kemudian cek update-an terbaru dengan mengklik Check For Updates.
Melakukan pengecekan update


2. Jika terdapat update-an terbaru maka akan muncul fitur mengenai update-an tersebut. Klik Download&Install untuk mendownload paket yang dibutuhkan dan melakukan upgrade. Setelah paket berhasil didownload maka router akan merestart. 
Melakukan pengecekan update

3. Login kembali kemudian cek versi RouterOS dan pastikan versi RouterOS telah naik ke versi terbaru. Untuk mengeceknya anda dapat mengklik menu System >> Resource. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan perintah system resource printAnda juga dapat melakukan pengecekan versi RouterOS dengan mengklik menu System >> Packages.
mengecek versi routeros


Selain melakukan upgrade versi, RouterOS juga dapat melakukan downgrade versi. Downgrade versi ini biasanya dilakukan jika anda sudah terbiasa menggunakan RouterOS versi lama. Untuk melakukan downgrade versi RouterOS silahkan ikuti langkah berikut.

Downgrade MikroTik RouterOS

1. Download file yang dibutuhkan untuk melakukan downgrade RouterOS di website resmi MikroTik. RouterOS saya ini versi 6.38 dan saya akan melakukan downgrade RouterOS ke versi 5.25. Download file .npk sesuai arsitekture RouterOS kalian. Disini RouterOS saya memiliki arsitektur MIPSBE. Untuk mengecek versi RouterOS anda dapat mengklik menu System >> Resource. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan perintah system resource print.


2. Kemudian upload file .npk yang anda download di Files. Caranya klik Files >> Upload lalu masukkan file .npk nya.
mengupload file .npk


3. Setelah memasukkan file .npk nya, barulah kalian bisa melakukan downgrade dengan mengklik menu System >> Packages. Lalu klik Downgrade maka akan muncul notifikasi untuk melakukan reboot. Pilih Yes untuk melakukan reboot router.
melakukan downgrade routeros



4. Login kembali kemudian cek versi RouterOS dan pastikan versi RouterOS telah turun ke versi lama. Untuk mengeceknya anda dapat mengklik menu System >> Resource. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan perintah system resource print. Anda juga dapat melakukan pengecekan versi RouterOS dengan mengklik menu System >> Packages.
mengecek versi routeros


Demikianlah artikel pada kali ini tentang upgrade dan downgrade MikroTik RouterOS semoga bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. Saya juga mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan pada artikel ini. Saya juga tidak segan untuk menjelaskan kepada anda jika anda masih kurang mengerti dengan artikel yang saya sampaikan. Jika masih ada yang kurang dimengerti silahkan anda tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

7 komentar

  1. Niche Om.. Sangat Jelas. Saatnya Terjun ke lapangan buat coba itu... 😇😇

    BalasHapus
  2. Jadi gini toh upgrade & downgradenya. Baru tau ane. :D

    BalasHapus
  3. Good bang Gua jadi enak belajar nya step by step nya mudah dipahami :D

    BalasHapus

Search Panel