IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

Cara Remote Menggunakan Telnet di Command Prompt (CMD)

Konsep Dasar

Pada kesempatan kali ini saya membahas topik yang lumayan menarik yaitu cara telnet di command prompt windows. Telnet dibagi menjadi 2 jenis yaitu telnet server dan telnet client. Telnet server ini hanya dapat berjalan pada sistem operasi windows. Sedangkan telnet client dapat berjalan pada sistem operasi windows dan linux. Kelemahan menggunakan telnet ini adalah kurang aman karena pengiriman username dan password dengan clear text, sehingga mudah diketahui jika ada yang menyadap jaringan. Pada sistem operasi windows dan linux secara otomatis sudah terinstall telnet client. Pada sistem operasi linux ini telnet client sudah dapat langsung digunakan karena sudah aktif secara otomatis. Sedangkan pada sistem operasi windows, untuk menggunakan telnet kita harus mengaktifkan telnet client terlebih dahulu. Untuk melakukan telnet pada comand prompt windows, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-langkah

1. Buka command prompt terlebih dahulu kemudian aktifkan telnet client yang ada pada windows anda dengan mengetikkan command berikut ini.
Note "Jika nanti muncul jendela User Account Control, anda konfirmasi saja dengan mengklik tombol Continue"
pkgmgr /iu:"TelnetClient"
Mengaktifkan Telnet


2. Setelah telnet client diaktifkan pada windows anda, anda bisa langsung menggunakan telnet tersebut untuk meremote perangkat yang ingin anda remote. Dalam hal ini saya mencoba meremote perangkat Router Mikrotik. Caranya dengan mengetikkan perintah berikut.
telnet 192.168.88.1
Keterangan:

  • telnet: menunjukkan bahwa kita akan meremote menggunakan telnet.
  • 192.168.88.1: merupakan ip address pada perangkat Router Mikrotik yang akan saya remote.

Melakukan Remote Menggunakan Telnet


3. Disini saya sudah berhasil sampai login Mikrotik, saya akan mencoba melakukan login Mikrotik menggunakan username dan password Mikrotik saya.
Melakukan Login Mikrotik


4. Saya sudah berhasil login, dan gambar dibawah merupakan gambar saat saya melakukan telnet untuk meremote Router Mikrotik saya.
Berhasil Meremote Menggunakan Telnet


Itulah cara remote menggunakan telnet di command prompt pada sistem operasi berbasis windows. Bagaimana? Mudah bukan? Jika kalian mengalami kesulitan, kalian dapat bertanya pada kolom komentar.

3 komentar

  1. Router mikrotik itu apa? Dan cara membuatnya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Router mikrotik bagi orang awam biasa dipanggil wifi. Pada wifi pasti ada pemancar sinyal wifinya, nah bisa dibilang router itu pemancar wifinya. Sedangkan mikrotik itu nama routernya

      Hapus
  2. Bagaimana cara menggunakan telnet untuk akses OLT dari jarak jauh menggunakan laptop pada jaringan hotspot dri hp? Terima kasih


    Mohon kiranya diberi penjelasan sejelas-jelasnya

    BalasHapus

Search Panel