IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 3.5. Install MikroTik CHR di VirtualBox (Free License)

Konsep Dasar

Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) merupakan virtual machine image dari Mikrotik Router OS dan mempunyai fitur yang sama seperti Mikrotik lainnya yang dapat di install di beberapa virtual machine seperti VirtualBox dan VM Ware. Pada Mikrotik CHR ini kita dapat menggunakan semua fitur Router OS karena lisensi yang terdapat pada Mikrotik CHR ini adalah free (gratis). Berbeda dengan Mikrotik x86 yang hanya memiliki lisensi level 0 yang artinya lisensi trial (percobaan) dan hanya bisa kita coba selama 24 jam (1 hari) saja. Setiap barang tentunya memiliki kekurangan seperti halnya Mikrotik CHR ini. Mikrotik CHR ini juga memiliki kekurangan yaitu bandwidth yang ada pada tiap interfacenya dibatasi hanya 1Mbit saja. Tetapi hal tersebut tidak perlu kita hiraukan karena kita menggunakan Mikrotik CHR ini hanya untuk simulasi saja dan tidak membutuhkan terlalu banyak bandwidth

Dengan adanya Mikrotik CHR ini kita dapat menggunakan Mikrotik secara virtual dengan lisensi free dan tanpa batasan waktu. Mikrotik CHR ini juga dapat kita integrasikan dengan simulator GNS3. Untuk melakukan installasi Mikrotik CHR di VirtualBox silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini:

Persiapan

Sebelum melakukan installasi Mikrotik CHR, ada beberapa yang harus anda persiapkan yaitu sebagai berikut:


Download Mikrotik CHR image

Hal pertama yang anda butuhkan ialah Mikrotik CHR image. Untuk mendapatkan Mikrotik CHR image anda dapat mendownloadnya melalui mikrotik.com. Kunjungi mikrotik.com kemudian klik Software. Cari images pada Cloud Hosted Router kemudian download.

  • Untuk pengguna VM Ware, anda bisa mendownload yang VMDK image
  • Untuk pengguna VirtualBox, anda bisa mendownload yang VDI image
  • Untuk pengguna QEMU, anda bisa mendownload yang Raw disk image

Karena pada kali ini saya ingin menginstall Mikrotik menggunakan VirtualBox, maka saya mendownload yang VDI image.
Download Mikrotik CHR


Konfigurasi dan Demo

1. Buka VirtualBox anda kemudian buat virtual machine baru dengan mengklik tombol New.
Name: isikan nama Router anda
Type: isikan Other
Version: isikan Other/Unknown (64-bit)
Membuat Virtual Machine


2. Beri ukuran memori untuk Router Mikrotik anda. Disini saya memberi memori untuk Router mikrotik saya sebesar 256MB.
Memberi Memory


3. Pilih Use an existing virtual hard disk file. Kemudia klik icon folder dan masukkan Mikrotik CHR.vdi yang telah anda download sebelumnya.
Memasukkan VirtualMachine image


4. Virtual machine sudah berhasil dibuat, selanjutnya kita setting terlebih dahulu virtual machinenya dengan mengklik tombol Settings.
Melakukan Penyetingan


5. Klik System >> Acceleration. Kemudian ganti Paravirtualization Interface yang tadinya Default menjadi KVM. Hal tersebut berguna agar nantinya Router Mikrotik saat melakukan booting tidak keluar (force close) dengan sendirinya. Setelah itu klik OK.
Melakukan Penyetingan VirtualMachine


6. Setelah melakukan penyetingan virtual machine, kita bisa langsung mengklik tombol Start untuk memulai virtual machine tersebut. Tunggu sampai muncul login Mikrotik, jika sudah muncul silahkan anda login menggunakan username dan password default Mikrotik dengan username admin dan password kosong (tidak ada).
Login Mikrotik


7. Setelah anda berhasil login, cobalah untuk mengecek lisensi yang ada pada Router Mikrotik anda dengan mengetikkan command berikut ini.
system license print
Disana terdapat informasi mengenai lisensi yang ada pada Router Mikrotik kita. Bisa kita lihat pada gambar dibawah ini yang menunjukkan Router Mikrotik dengan lisensi free.
Mengecek lisensi


Integrasi Router Mikrotik dari VirtualBox ke GNS3

1. Buka simulator GNS3 anda kemudian klik Edit >> Preferences.
Integrasi Router Mikrotik


2. Pilih VirtualBox VMs >> New. Kemudian pada VM list, pilih virtual machine yang berisi Mikrotik Router OS. Setelah memilih virtual machine, anda bisa mengklik tombol Finish.
Membuat VirtualBox Templates


3. Router Mikrotik telah berhasil dibuat. Tetapi pada router tersebut, symbol yang diberikan masih berupa simbol komputer dengan logo VirtualBox dan hanya memiliki 1 port interface. Kita ganti symbol tersebut agar menjadi symbol router dan memiliki 5 port interface. Klik router Mikrotik yang telah anda buat kemudian klik Edit.
Melakukan Edit VirtualBox Templates


4. Pada tab General settings ganti symbol dengan mengklik Browse..
Mengubah symbol


5. Cari dan pilih symbol router kemudian klik OK.
Mengubah symbol Router


6. Sekarang beralih pada tab Network. Secara default router anda memiliki 1 port interface (adapters) dan interface tersebut dimulai dari interface ethernet0. Ubah port interface (adapters) router anda menjadi 5 port interface. Ganti name format yang tadinya Ethernet{0} menjadi Ethernet{port1} agar port interface yang terdapat pada router anda dimulai dari interface ethernet1. Setelah semua sudah diubah klik OK.
Menambah Port Interface


7. Sekarang symbol router Mikrotik anda sudah berubah menjadi symbol router. Router mikrotik anda juga sudah memiliki 5 port interface yang dimulai dari interface ethernet1. Klik OK untuk menyimpan setelan.
Selesai Membuat VirtualBox Templates


8. Sekarang kita coba menggunakan router Mikrotik CHR tersebut. Tarik router tersebut kedalam area kerja simulator GNS3. Kemudian klik Start untuk menyalakan router dan memulai booting router menggunakan VirtualBox.
Melakukan Percobaan


9. Maka akan muncul jendela VirtualBox, tunggu hingga booting selesai (biasanya memang lama). Maka akan muncul login Mikrotik seperti pada gambar dibawah. Secara default Mikrotik menggunakan username dengan nama admin dan password kosong (tidak ada). Lakukan login dengan username admin dan passwordnya kosongkan saja.
Login Mikrotik


10. Anda berhasil login, kemudian cek lisensi Mikrotik CHR anda dengan mengetikkan command system license print. Maka muncul informasi yang bertuliskan system lisensi free (level: free).
Mengecek lisensi


Peringatan !!

Dalam melakukan integrasi Router Mikrotik ke GNS3 ini tentunya memiliki kekurangan yaitu satu buah virtual machine hanya dapat digunakan untuk satu router, jadi jika kita ingin menggunakan misalnya 2 router, maka kita harus membuat virtual machine baru atau kita clone virtual machine kemudian kita integrasikan kembali router tersebut ke GNS3. Jika satu buah virtual machine digunakan untuk 2 router maka akan ada pemberitahuan seperti berikut.
Peringatan


Demikianlah artikel pada kali ini tentang cara install Mikrotik CHR di VirtualBox. Jika ada yang kurang paham atau tidak jelas, anda dapat berkomentar pada kolom komentar dan bertanya dengan sopan. Terima kasih.

3 komentar

  1. Balasan
    1. Mtcna 3.5. Install Mikrotik Chr Di Virtualbox ( License) >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Mtcna 3.5. Install Mikrotik Chr Di Virtualbox ( License) >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Mtcna 3.5. Install Mikrotik Chr Di Virtualbox ( License) >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK cc

      Hapus

Search Panel