IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

Cara Agar Artikel Blog tidak bisa di Copy Paste Orang Lain

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai cara mengatasi artikel blog kita yang sering di copy paste orang lain. Kalian tentunya pernah mengalami hal tersebut. Orang lain mencuri artikel anda kemudian mereka upload pada blog mereka dengan tidak menyertakan sumber. Hal tersebut tentunya membuat kita kesal. Mengapa? karena artikel yang kita buat tersebut bisa-bisa tidak lolos copyscape. Padahal artikel yang kita buat tersebut benar-benar original ketikan kita sendiri dan lebih parahnya lagi kita sudah susah payah mencari kata-katanya, dengan segitu enaknya saja orang lain tinggal CTRL+C lalu CTRL+V kemudian Publish. Jika anda ingin mengecek apakah konten yang ada di blog anda dicuri orang, ada beberapa website yang menyediakan fasilitas mengecek plagiat konten, misalnya copyscape dan smallseotools.

Okelah langsung saja tidak perlu basa-basi lagi langsung saja kalian simak caranya dibawah untuk mengatasi copy paste orang lain.

1. Login ke akun blogger anda kemudian coba anda membuat postingan misalnya seperti gambar dibawah. Kemudian klik HTML.


2. Maka kira kira isinya akan seperti berikut.


3. Jepit script tersebut menggunakan code dibawah ini.
<body oncontextmenu="return false;" onkeydown="return false;" onmousedown="return false">
ISI CONTENT ANDA
</body>
Sehingga nantinya akan menjadi seperti berikut.


4. Terakhir tinggal kita Save kemudian Publish. Kemudian coba anda klik kanan pada postingan anda tersebut, maka tidak akan berhasil. Coba lagi untuk memblok semua tulisannya, maka akan gagal dan coba lagi untuk menggunakan CTRL+P, maka akan gagal juga.

Nah gimana mudah bukan? yaa mudah lah. Akan tetapi cara diatas hanya untuk satu buah artikel saja. Lalu bagaimana untuk memasangnya pada semua artikel yang kita buat? kan kalau satu per satu seperti itu bakalan capek. Oke tenang saja tidak perlu khawatir. Lanjut lagi ikuti langkah dibawah.

1. Klik Template >> Edit HTML. Kemudian anda cari script <body seperti gambar dibawah, maka anda akan menemukan script seperti ini <body expr:class='&quot;loading&quot; + data:blog.mobileClass'>


2. Tambahkan script oncontextmenu="return false;" onkeydown="return false;" onmousedown="return false" disetelah/dibelakang code <body expr:class='&quot;loading&quot; + data:blog.mobileClass'. Sehingga menjadi seperti berikut.


3. Terakhir tinggal Save Template kemudian coba anda lakukan copy paste satu per satu artikel pada blog anda dengan cara yang sama seperti langkah sebelumnya, maka tidak akan berhasil.


Oke sekian dari saya mengenai cara agar artikel blog yang kita buat tidak bisa di copy paste orang lain. Semoga bermanfaat untuk anda dan jika anda masih kurang paham anda dapat bertanya melalui kolom komentar. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel