IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

Cara Membuat Launcher GNS3 di Linux

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang linux, khususnya linux berbasis ubuntu. Disini saya akan menjelaskan caranya membuat launcher GNS pada linux ubuntu. Diantara dari kalian pasti pernah menginstall simulator GNS3 menggunakan terminal dan kemudian saat kalian ingin membuka simulator GNS3 tersebut, kalian hanya bisa membukanya melalui terminal dengan mengetikkan 'gns3'. Saat terminal tersebut anda close maka GNS3 anda juga akan ikut-ikutan close. Nah bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya dengan membuat launcher ini. Cara membuat launcher GNS3 di linux berbasis ubuntu setau saya ada 2 yaitu, dengan menginstall gns-gui atau membuat launcher secara manual. 

  • Menginstall gns3-gui
Cara yang pertama ini sangat mudah tentunya. Anda hanya perlu mengetikkan sudo apt-get install gns3-gui pada terminal maka akan terinstall launcher GNS3 pada linux anda. Tetapi symbol yang digunakan yaitu symbol GNS3 yang lama.

  • Membuat launcher secara manual
Membuat launcher dengan cara manual ini yang paling mudah. Anda hanya perlu mempunyai foto/gambar GNS3. Anda bisa mengambil gambar tersebut melalui google. Oke untuk lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan di bawah.

1. Klik kanan pada desktop anda kemudian pilih Create a new launcher here.
Klik kanan desktop


2. Masukkan nama untuk launcher yang akan dibuat. Kemudian untuk commandnya isikan gns3. Untuk gambar launchernya anda bisa mendownload di google. Kemudian klik gambar dan ganti gambar sesuai keinginan anda. Setelah selesai, klik OK.
Setting Launcher


3. Maka akan muncul tampilan launcher dari GNS3. Anda dapat membuka simulator GNS3 melalui launcher tersebut.
Tampilan Launcher GNS3


Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel