IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 8.17. Konfigurasi PHP-FPM Web Server Nginx CentOS7

Konsep Dasar

PHP-FPM (FastCGI Process Manager) adalah alternatif implementasi PHP FastCGI dengan beberapa fitur tambahan yang berguna untuk situs dengan ukuran apapun, terutama situs yang ramai.

Fitur-fitur ini meliputi:
  • Proses adaptif pemijahan
  • Statistik dasar
  • Manajemen proses tingkat lanjut dengan stop / start
  • Kemampuan untuk memulai pekerja dengan berbagai jenis uid / gid / chroot / environment dan berbeda php.ini (menggantikan safe_mode)
  • Stdout & stderr logging
  • Permulaan darurat jika terjadi kerusakan cache opcode yang tidak disengaja
  • Dukungan upload yang dipercepat
  • Dukungan untuk "slowlog"
  • Perangkat tambahan untuk FastCGI, seperti fastcgi_finish_request () - fungsi khusus untuk menyelesaikan permintaan & menyiram semua data sambil terus melakukan sesuatu yang menyita waktu (konversi video, pemrosesan statistik, dll.)

Topologi dan Ketentuan

Topologi
  • Domain yang digunakan adalah gilang.net
  • Konfigurasi PHP-FPM pada Web Server Nginx


Konfigurasi

1. Oke langsung saja kita lakukan konfigurasi. Pada langkah pertama ini yang harus anda lakukan adalah menginstall paket php yang diperlukan menggunakan repositori epel. Pastikan saat menginstall paket php, server anda telah terhubung ke internet. Untuk menginstall paket php, anda dapat mengetikkan command berikut.
[root@gilang ~]# yum --enablerepo=epel install php php-mbstring php-pear -y
Menginstall Paket PHP


2. Selanjutnya install repositori remi. Disini kita mengambil repositori remi dari rpms.remirepo.net. Saat menginstall repositori remi, pastikan juga server anda masih terhubung ke internet. Untuk menginstall repositori remi, anda dapat mengetikkan command berikut.
[root@gilang ~]# yum install http://rpms.remirepo.net/enterprise/remi-release-7.rpm -y
Install Repositori Remi


3. Setelah menginstall beberapa paket yang diperlukan, sekarang kita install php-fpm nya. Untuk menginstall php-fpm ini kita memerlukan repositori remi yang telah kita install sebelumnya. Untuk menginstall php-fpm anda dapat mengetikkan command berikut.
[root@gilang ~]# yum --enablerepo=remi install php-fpm -y
Install PHP-FPM


4. Setelah installasi php-fpm selesai, kita edit file www.conf File www.conf tersebut terletak pada direktori /etc/php-fpm.d/ Untuk membuka file www.conf anda dapat mengetikkan command berikut.
[root@gilang ~]# nano /etc/php-fpm.d/www.conf
Kemudian cari syntax berikut.
user = apache
; RPM: Keep a group allowed to write in log dir.
group = apache
Karena disini kita menggunakan nginx, maka ganti user dan group yang tadinya apache menjadi nginx seperti gambar dibawah ini.
Edit file www.conf


5. Selanjutnya kita aktifkan php-fpmnya menggunakan perintah systemctl start php-fpm. Disini kita aktifkan juga php-fpm nya secara otomatis saat server melakukan restart dengan menggunakan perintah systemctl enable php-fpm. Jadi saat server melakukan restart kita tidak perlu lagi mengaktifkan php-fpm karena php-fpm nya sudah aktif/berjalan secara otomatis.
Mengaktifkan PHP-FPM


6. Edit file vhost.conf pada server anda. Disini saya menyimpan file vhost.conf pada direktori /etc/nginx/conf.d/ Maka untuk membuka file tersebut saya menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# nano /etc/nginx/conf.d/vhost.conf
Kemudian tambahkan script seperti gambar dibawah.
Edit file vhost.conf
Keterangan:
  • location --> letak file php, disini kita menggunakan symbol ~ \.php$ yang artinya letak file php berada pada direktori default web server yaitu /usr/share/nginx/html.
  • fastcgi_param --> menetapkan parameter yang harus dilewatkan ke server FastCGI. Hal ini bisa berupa teks, variabel, meupun kombinasi keduanya.
  • fastcgi_pass --> menentukan server sebenarnya agar proxy menggunakan protokol FastCGI. Alamatnya bisa ditentukan sebagai nama domain atau IP Address dan port.
  • include fastcgi_params --> meng-include/memasukkan file konfigurasi parameter FastCGI yang terletak pada direktori /etc/nginx/


7. Agar server melakukan perubahan, lakukan restart pada nginx.
Restart Nginx


8. Selanjutnya masukkan script php ke direktori /usr/share/nginx/html/ menggunakan perintah echo. Untuk memasukkan script php, anda dapat mengetikkan command berikut.
[root@gilang ~]# echo "<?php phpinfo() ?>" > /usr/share/nginx/html/gilang.php
Anda dapat ganti gilang.php dengan nama lain asalkan file tersebut berekstensi/berakhiran .php
Memasukkan script PHP


Verifikasi

Untuk verifikasinya kita cek web servernya menggunakan client. Buka browser kemudian ketikkan www.[namadomain]/file.php Maka akan muncul tampilan web server php-fpm seperti gambar dibawah ini.
Mengecek Web Server PHP-FPM


Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel