IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 10.2. Installasi Web Mail Rainloop pada Mail Server CentOS7

Konsep Dasar

Rainloop adalah aplikasi open source dan gratis yang berfungsi sebagai webmail berbasis PHP, Rainloop juga mampu untuk menangani sejumlah besar account email tanpa perlu dari konektivitas database, selain konektivitas non database yang menggunakan SMTP dan IMAP protokol untuk dengan mudah mengirim atau menerima email tanpa kesulitan apapun.

Untuk dapat menggunakan Rainloop ada beberapa paket yang harus diinstall pada server anda, yaitu sebagai berikut:
  • GNU/Linux operating system
  • Apache web server
  • PHP version 5.3
  • PHP Extensions
Jika anda masih ragu untuk menggunakan Rainloop, Rainloop juga menyediakan link demo bagi para pengguna baru yang ingin mencoba menggunakan Rainloop sebelum akhirnya benar-benar dipakai untuk aplikasi webmail domainnya. silahkan klik link dibawah ini untuk mencoba Rainloop :
http://mail.rainloop.net/

Topologi

Topologi

Persiapan

  • Pastikan anda telah menginstall mail server pada server anda. Jika anda belum menginstall mail server, anda dapat melihat postingan sebelumnya tentang Konfigurasi Mail Server pada CentOS7.

Konfigurasi

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload paket webmail rainloop dengan curl. Curl merupakan tools yang digunakan untuk mentransfer data dari atau ke server, menggunakan salah satu protokol yang didukung (DICT, FILE, FTP, FTPS, GOPHER, HTTP, HTTPS, IMAP, IMAPS, LDAP, LDAPS, POP3, POP3S, RTMP, RTSP, SCP, SFTP , SMB, SMBS, SMTP, SMTPS, TELNET dan TFTP) dengan opsi -O (O dengan huruf besar) nama file yang ada dalam URL akan diambil dan digunakan sebagai nama file yang akan disimpan. Untuk mengambil paket rainloop menggunakan curl anda dapat mengetikkan command seperti gambar dibawah.
Download Rainloop


2. Kemudian buat folder dengan nama rainloop di dalam direktori /var/www/html/ Direktori yang dibuat tersebut berguna untuk menyimpan paket paket rainloop yang telah anda download sebelumnya.
Membuat folder rainloop


3. Untuk mengekstrak paket rainloop yang telah didownload, kita membutuhkan salah satu tools, yaitu unzip. Unzip ini berguna untuk mengekstrak paket yang bersekstensi zip. Install unzip terlebih dahulu sebelum mengekstrak paket rainloop.
Install unzip


4. Sekarang ekstrak paket rainloop menggunakan unzip. Ekstrak paket rainloop ke direktori /var/www/html/rainloop/
Ekstrak rainloop


5. Ubah permission untuk direktori dan isi direktori /var/www/html/rainloop menggunakan command seperti gambar dibawah.
Mengubah permission


6. Ubah kepemilikan direktori /var/www/html/rainloop menjadi milik user apache.
Mengubah kepemilikan


7. Rainloop merupakan webmail berbasis PHP, jadi agar rainloop dapat berjalan, kita harus menginstall paket php terlebih dahulu. Install paket PHP menggunakan command seperti gambar dibawah.
Install PHP


8. Selanjutnya adalah menginstall paket policycoreutils-python. Paket tersebut berisi alat manajemen yang digunakan untuk mengelola SELinux environment.
Menginstall policycoreutils


9. Ubah konteks SElinux pada direktori /var/www/html/rainloop beserta isinya agar dapat diubah dan ditambahkan otomatis sesuai aktifitas user yang mengaksesnya.
Mengubah konteks selinux


10. Konfigurasi SElinux boolean agar mengizinkan skrip httpd dan modul untuk terhubung ke jaringan.
Konfigurasi selinux


11. Lakukan restart pada service httpd agar paket php yang baru saja diinstall dapat berjalan.
Restart httpd


12. Buka http://domainmailserver/rainloop/?admin pada browser anda. Login dengan user admin dan passwordnya 12345 untuk mengkoneksikan rainloop dengan mail server.
Mengakses rainloop


13. Klik menu Domain, kemudian tambahkan domain dengan mengklik tombol Add Domain. Hal tersebut untuk menambahkan domain email yang digunakan.
Menambahkan domain


14. Masukkan server IMAP dan SMTPnya, sesuaikan juga port yang digunakan. Disini saya masih belum menggunakan ssl, jadi saya masih menggunakan default untuk IMAP dan SMTPnya. Port 143 untuk IMAP dan port 25 untuk SMTP kemudian klik test untuk mengecek kesalahan pada konfigurasi penambahan domain. Jika tidak ada kesalahan (ditandai dengan tulisan berwarna hijau pada IMAP dan SMTP) klik Add untuk menambahkan domain.
Penambahan domain

Verifikasi

1. Untuk verifikasinya buka http://domainmailserver/rainloop/ pada klien pertama kemudian lakukan login menggunakan user mail server yang telah anda buat. Jika anda belum membuat usernya maka buat terlebih dahulu pada server menggunakan perintah useradd namauser (membuat user) dan passwd namauser (memberi password user).
Melakukan login user


2. Maka anda akan memasuki dashboard dari webmail rainloop.
Dashboard webmail rainloop


3. Disini kita coba untuk mengirim pesan email ke user lain. Untuk membuat pesan klik New.
Membuat pesan


4. Kemudian isikan penerima pesan, judul pesan, dan isi pesan yang akan dikirim. Jika semua sudah di isi, klik Send untuk memulai mengirim pesan.
Mengirim pesan


5. Sekarang buka http://domainmailserver/rainloop/ pada klien yang kedua kemudian lakukan login menggunakan user yang telah dikirimkan email.
Melakukan login


6. Maka user tersebut akan mendapatkan pesan. Klik pesan tersebut untuk membaca pesannya.
User mendapatkan pesan

Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel