IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 1. Installasi Windows Server 2012


Konsep Dasar

Setelah dirilisnya Windows Server 2008 R2, Microsoft merilis kembali sistem operasi Windows Servernya yaitu, Windows Server 2012. Windows Server 2012 hanya diproduksi dengan arsitektur 64 bit. Selain itu, menurut saya sendiri Windows Server 2012 ini memiliki kemiripan dengan Windows 8, yakni dari segi tampilannya dan penggunaannya. Windows Server 2012 memiliki dua macam tampilan pada sistem operasinya yaitu berbasis GUI dan CLI. Windows Server 2012 ini memiliki empat edisi pada sistem operasinya dan tentunya setiap edisi tersebut memiliki fungsi serta fiturnya masing-masing.

Persiapan

Persiapan menginstall menggunakan aplikasi virtual
    • Aplikasi virtual seperti virtualbox
    • ISO Windows Server 2012
Persiapan menginstall menggunakan CD
    • CD yang sudah di burning Windows Server 2012

Installasi

1. Pada step ini kita hanya perlu memilih bahasa yang digunakan untuk menginstall Windows Server serta menentukan waktu dan lokasi kita sekarang. Setelah selesai menentukan, anda dapat langsung mengklik Next.


2. Disini kita bisa mengklik Install Now untuk memulai melakukan Installasi Windows Servernya.


3. Disini saya menggunakan ISO Windows Server yang sudah terdiri dari 2 edisi yaitu edisi standard dan edisi datacenter. Untuk installasinya dan step nya sama saja. Disini saya mencoba menginstall Windows Server edisi standard. Jika step pada nomor 3 ini tidak ada, maka anda bisa melanjutkan step nomor 4.


4. Disini kita akan dimintai mempersetujui aturan lisensi yang ada di Microsoft. Beri tanda centang pada kotak i accept the license terms kemudian klik Next.


5. Karena disini kita benar-benar melakukan installasi Windows Server dari awal, maka pilih Custom Install.


6. Disini kita akan melakukan partisi harddisk (pembagian untuk tempat data). Disini saya akan membuat partisi C: nya. Klik New kemudian tentukan size nya sesuai keinginan anda lalu klik Apply.


7. Maka akan muncul pop up seperti berikut, klik OK.


8. Oke untuk partisi C: nya sudah selesai. Disana terdapat Unallocated Space, itu merupakan harddisk yang masih belum dipartisi, anda dapat melakukannya untuk partisi data D:  .Untuk partisi data D: kita bisa lakukan setelah sistem operasi berhasil diinstall. Klik Next untuk melanjutkan penginstallan.


9. Disini penginstallan sedang berlangsung, kita hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses penginstallan berikut selesai. Jika proses penginstallan selesai, maka sistem operasi akan merestart dengan sendirinya.


10. Oke sekarang kita sudah masuk tahap login. Tekan kombinasi tombol CTRL+Alt+Del untuk melakukan login.


11. Disini baru user Administrator saja yang tersedia. Kita klik user tersebut.


12. Untuk melakukan login menggunakan user Administrator, kita perlu merubah passwordnya dengan mengklik OK.


13. Disini kita isikan password barunya. Isikan sesuai dengan keinginan anda. Untuk passwordnya harus password yang kuat. Password yang kuat adalah password yang mengandung huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.


14. Oke sampai disini user Administrator telah terganti passwordnya, klik OK.


15. Maka anda akan berhasil login. Karena saya menginstall windows server yang versi CLI maka hasilnya akan seperti berikut. Kalau anda menginstall windows server yang versi GUI maka tampilannya tidak jauh beda dengan Windows 8.


Oke sekian dari saya tentang installasi windows server 2012, semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda masih kurang paham tentang penjelasan diatas, anda dapat menuliskannya pada kolom komentar. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel