IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

Perbedaan iBGP dan eBGP

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit menjelaskan mengenai perbedaan karakteristik pada iBGP dan eBGP. Mungkin bagi Anda yang baru belajar BGP bingung akan hal tersebut, yaitu menentukan iBGP dan eBGP. Tetapi Anda tidak usah khawatir akan hal tersebut karena membedakan iBGP dan eBGP itu sangat mudah. 

Jadi iBGP itu dia terhubung dengan AS yang sama pada router tetangga. Sedangkan eBGP dia itu menghubungkan atau terkoneksi dengan AS yang berbeda pada router tetangga. Bisa dibilang perbedaan yang paling mendasar yaitu pada AS nya. Jika Anda masih bingung silahkan lihat topologi dibawah ini.

Pada topologi dibawah ini termasuk kedalam iBGP karena AS nya terkoneksi dengan AS yang sama dengan router tetangga.
Topologi iBGP

Pada topologi dibawah ini termasuk kedalam eBGP karena AS nya terkoneksi dengan AS yang berbeda dengan router tetangga.
Topologi eBGP

Pada topologi dibawah ini terdapat iBGP dan eBGP yang saling terhubung satu sama lain. Router dengan AS yang berbeda termasuk kedalam eBGP dan router dengan AS yang sama termasuk kedalam iBGP.
Topologi iBGP dan eBGP



Okelah cukup sekian mengenai perbedaan dari iBGP dan eBGP, semoga bermanfaat bagi Anda semua yang masih belajar. Jika terdapat kesalahan pada penjelasan diatas mohon diberi saran dan kritik melalui kolom komentar. Terima kasih.

3 komentar

Search Panel