IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 3.4. Install MikroTik CHR di QEMU (Free License)

Konsep Dasar

Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) merupakan virtual machine image dari Mikrotik Router OS dan mempunyai fitur yang sama seperti Mikrotik lainnya yang dapat di install di beberapa virtual machine seperti VirtualBox dan VM Ware. Pada Mikrotik CHR ini kita dapat menggunakan semua fitur Router OS karena lisensi yang terdapat pada Mikrotik CHR ini adalah free (gratis). Berbeda dengan Mikrotik x86 yang hanya memiliki lisensi level 0 yang artinya lisensi trial (percobaan) dan hanya bisa kita coba selama 24 jam (1 hari) saja. Setiap barang tentunya memiliki kekurangan seperti halnya Mikrotik CHR ini. Mikrotik CHR ini juga memiliki kekurangan yaitu bandwidth yang ada pada tiap interfacenya dibatasi hanya 1Mbit saja. Tetapi hal tersebut tidak perlu kita hiraukan karena kita menggunakan Mikrotik CHR ini hanya untuk simulasi saja dan tidak membutuhkan terlalu banyak bandwidth

Dengan adanya Mikrotik CHR ini kita dapat menggunakan Mikrotik secara virtual dengan lisensi free dan tanpa batasan waktu. Mikrotik CHR ini juga dapat kita integrasikan dengan simulator GNS3. Untuk melakukan installasi Mikrotik CHR di QEMU silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini:

Persiapan

Sebelum melakukan installasi Mikrotik CHR, ada beberapa yang harus anda persiapkan yaitu sebagai berikut:

Download Mikrotik CHR image

Hal pertama yang anda butuhkan ialah Mikrotik CHR image. Untuk mendapatkan Mikrotik CHR image anda dapat mendownloadnya melalui mikrotik.com. Kunjungi mikrotik.com kemudian klik Software. Cari images pada Cloud Hosted Router kemudian download.
  • Untuk pengguna VM Ware, anda bisa mendownload yang VMDK image
  • Untuk pengguna VirtualBox, anda bisa mendownload yang VDI image
  • Untuk pengguna QEMU, anda bisa mendownload yang Raw disk image
Karena pada kali ini saya ingin menginstall Mikrotik menggunakan QEMU, maka saya mendownload yang Raw disk image.

Download Mikrotik CHR image

Konfigurasi dan Demo

1. Setelah mendownload Mikrotik CHR, kita buka simulator GNS3nya. Kemudian klik Edit >> Preferences.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 1


2. Pilih Qemu VMs >> New. Kemudian isikan nama untuk router Mikrotik kita, disini saya memberi nama routernya adalah RouterMikrotikGilang. Setelah memberi nama router, selanjutnya klik Next.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 2


3. Qemu binary biarkan default saja. Untuk RAM anda bisa sesuaikan sesuai kebutuhan anda. Disini saya memberi RAM untuk router Mikrotik yaitu 256MB.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 3


4. Pilih New Image kemudian klik Browse.. Masukkan Mikrotik CHR image yang telah anda download sebelumnya. Setelah dimasukkan, klik Finish.
Note "Jika saat memasukkan Mikrotik CHR image dan muncul pop up yang bertuliskan Would you like to copy namaimage to default images directory, anda bisa memilih yes atau no terserah anda karena tidak berpengaruh tetapi lebih baik pilih yes karena image yang digunakan dapat dicopy otomatis pada directory image GNS3"
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 4


5. Router Mikrotik telah berhasil dibuat. Tetapi pada router tersebut, symbol yang diberikan masih berupa simbol komputer dengan logo QEMU dan hanya memiliki 1 port interface. Kita ganti symbol tersebut agar menjadi symbol router dan memiliki 5 port interface. Klik router Mikrotik yang telah anda buat kemudian klik Edit.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 5


6. Pada tab General settings ganti symbol dengan mengklik Browse..
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 6


7. Cari dan pilih symbol router kemudian klik OK.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 7


8. Sekarang beralih pada tab Network. Secara default router anda memiliki 1 port interface (adapters) dan interface tersebut dimulai dari interface ethernet0.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 8


9. Ubah port interface (adapters) router anda menjadi 5 port interface. Ganti name format yang tadinya Ethernet{0} menjadi Ethernet{port1} agar port interface yang terdapat pada router anda dimulai dari interface ethernet1. Setelah semua sudah diubah klik OK.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 9


10. Sekarang symbol router Mikrotik anda sudah berubah menjadi symbol router. Router mikrotik anda juga sudah memiliki 5 port interface yang dimulai dari interface ethernet1. Klik OK untuk menyimpan setelan.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 10


11. Sekarang kita coba menggunakan router Mikrotik CHR tersebut. Tarik router tersebut kedalam area kerja simulator GNS3. Kemudian klik Start untuk menyalakan router, setelah itu klik Console untuk memulai booting router menggunakan QEMU.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 11


12. Tunggu hingga booting selesai (biasanya memang lama). Maka akan muncul login Mikrotik seperti pada gambar dibawah. Secara default Mikrotik menggunakan username dengan nama admin dan password kosong (tidak ada). Lakukan login dengan username admin dan passwordnya kosongkan saja.
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 12


13. Anda berhasil login, kemudian cek lisensi Mikrotik CHR anda dengan mengetikkan command system license print. Maka muncul informasi yang bertuliskan system lisensi free (level: free).
Konfigurasi dan Demo Mikrotik 13


Itulah cara Install Mikrotik CHR di QEMU, jika ada yang kurang paham atau tidak jelas, anda bisa menuliskannya dikomentar.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel