IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 3.1. Install Mikrotik di VirtualBox

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. 
Pada kali ini saya memposting artikel tentang cara Install Mikrotik di VirtualBox. Oke sebelum memulai menginstall MikroTik di virtualbox, kita siapkan dulu apa saja yang harus disiapkan. Berikut apa saja yang harus anda siapkan:

Setelah anda mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Oke sekarang langsung saja ikuti langkah-langkah untuk menginstall MikroTik di virtualbox.

1. Buka VirtualBox kemudian kita akan membuat virtual machine baru dengan mengklik tombol New. Kemudian isikan seperti berikut.
Nama: Tulis saja Mikrotik
Type: Pilih Other
Version: Pilih Other/Unknown
Setelah semuanya di isi, anda dapat mengklik Next untuk melanjutkan langkah berikutnya.
Membuat VirtualMachine



2. Selanjutnya kita atur ukuran memory yang akan digunakan untuk virtual machine (MikroTik) nya. Disini saya memberi ukuran RAM/memory sebesar 256MB. Klik Next jika sudah selesai memberi ukuran RAM untuk virtual machine yang akan anda buat.
Memberi ukuran RAM



3. Karena kita akan membua virtual machine baru, maka kita pilih Create a virtual hard disk now. Jadi disini kita akan membuat hard disk virtual secara baru. Klik Create untuk membuat virtual hard disk baru.
Membuat Virtual Harddisk



4. Selanjutnya kita pilih type dari virtual hard disk yang akan kita buat nanti. Karena disini kita menggunakan VirtualBox maka kita pilih VDI (VirtualBox Disk Image). Klik Next untuk melanjutkan.
Memilih Type Harddisk



5. Disini kita akan memilih penyimpanan dalam harddisk fisik PC/laptop kita yang akan digunakan untuk menyimpan virtual hard disk nantinya. Pilih saja Dynamically allocated. Klik Next jika sudah memilih tempat penyimpanan virtual hard disknya.
Memilih penyimpanan virtual harddisk



6. Sekarang kita atur ukuran harddisk yang akan digunakan untuk membuat virtual machinenya. Disini saya memberi ukuran hard disk untuk virtual machinenya sebesar 2GB saja. Klik Create untuk membuat virtual hard disknya.
Memberi ukuran virtualmachine harddisk



7. Virtual machine anda berhasil dibuat, sekarang kita coba jalankan virtual machinnya. Untuk menjalankannya anda hanya perlu mengklik tombol Start.
Memulai virtual machine



8. Maka anda akan dimintai memasukkan ISO. Disinilah anda masukkan ISO MikroTik yang anda download atau yang anda punya. Cara memasukkannya hanya perlu mengklik icon folder kemudian cari dan pilih ISO MikroTik anda. Setelah memasukkan ISO MikroTik, barulah anda klik Start untuk memulai installasi MikroTik di VirtualBox.
Memasukkan ISO



9. Oke sampai disini kita akan memulai installasi MikroTiknya. Untuk melakukan installasi MikroTik pilih fitur yang anda butuhkan. Disini saya mencoba menginstall MikroTik dengan memilih semua fiturnya. Caranya dengan menekan tombol a pada keyboard untuk memilih semua fitur kemudian tekan tombol i pada keyboard untuk memulai menginstall fitur yang tadi kita pilih. Saat menginstall MikroTik akan muncul pertanyaan "Do you want to keep old configuration? [y/n]" ketik "n" dan "Continue?" ketik "y". Kemudian tunggu sampai installasi MikroTik selesai. 
Memulai installasi MikroTik



10. Berikut tampilan jika installasi MikroTik sudah selesai di virtualbox. Selanjutnya anda keluarkan ISO MikroTiknya terlebih dahulu, caranya klik icon CD kemudian klik Remove disk from virtual drive. Setelah mengeluarkan ISO MikroTiknya barulah anda menekan tombol ENTER untuk mereboot MikroTiknya.
Selesai menginstall Mikrotik



11. Setelah melakukan reboot MikroTik, tunggu hingga muncul login MikroTik seperti gambar dibawah. Lakukanlah login mengguakan username dan password default MikroTik. Secara default MikroTik memiliki username dengan nama admin dan password kosong (tidak ada).
Login Mikrotik



12. Setelah melakukan login maka MikroTik anda siap untuk dikonfigurasi sesuai kebutuhan anda.
Tampilan Mikrotik OS


Oke demikianlah artikel yang saya buat ini. Mudah mudahan bermanfaat bagi anda. Jika ada kekurangan atau apalah itu tolong berikan saran dan kritik. Jika anda masih kurang paham akan yang saya jelaskan diatas tolong berkomentar pada kolom komentar. Terima kasih. 
Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

2 komentar

Search Panel