IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 4.1. Mengkoneksikan Router MikroTik ke Internet menggunakan Ethernet

MikroTik merupakan salah satu brand atau merk perangkat jaringan yang sudah dikenal oleh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, perangkat MikroTik ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN agar dapat terhubung ke jaringan publik, yaitu internet. Agar perangkat MikroTik dapat terhubung ke jaringan internet tentunya kita harus melakukan beberapa konfigurasi pada perangkat MikroTik tersebut. Untuk melakukan interkoneksi perangkat MikroTik dengan internet silahkan anda lihat konfigurasi dibawah.

Topologi

Topologi


Konfigurasi

Disini kita akan melakukan konfigurasi router MikroTik via remote. Nanti yang akan meremote router MikroTiknya adalah client. Oleh karena itu, pastikan semua kabel telah tercolok dengan baik sesuai dengan yang ada pada topologi. Pastikan pula PC Client sudah terinstall aplikasi WinBox yang digunakan untuk melakukan remote router MikroTik.

1. Hal pertama yang harus anda lakukan tentunya melakukan remote router MikroTik menggunakan WinBox. Buka aplikasi WinBox pada PC Client maka akan terdeteksi router MikroTik anda. Lakukan login router MikroTik pada WinBox menggunakan MAC Address. 
Meremote mikrotik di pc client



2. Kita setting IP Addressnya terlebih dahulu sesuai yang ada pada topologi. Klik IP >> Addresses.
Memberi ip address pada setiap interface router

Kemudian klik tombol + untuk menambahkan IP Address. Disini saya memberi IP Address untuk ether1 terlebih dahulu. Isikan IP Address 172.16.11.120/24 lalu isikan interfacenya dengan ether1. Setelah sesesai barulah klik OK.
Memberi ip address pada setiap interface router

Maka akan terbuat IP Address pada interface ether1 router. Kita buat lagi IP Address untuk interface ether2 nya. Caranya sama saja, klik tombol + kemudian isikan IP Address 120.120.120.120/24 lalu isikan interfacenya dengan ether2. Setelah selesai barulah klik OK.
Memberi ip address pada setiap interface router
 UNTUK PENGGUNA CLI:
[admin@MikroTik] > ip address add address=172.16.11.120/24 interface=ether1
[admin@MikroTik] > ip address add address=120.120.120.120/24 interface=ether2



3. Agar router dapat terhubung ke internet, kita tambahkan routing static default dan DNS. Terlebih dahulu kita tambahkan routing static defaultnya. Klik IP >> Routes >> +. Pada tab general Dst.Address isikan 0.0.0.0/0 dan gatewaynya isikan 172.16.11.1. Setelah semua di isi, klik OK.
Melakukan static default route agar router terhubung ke internet

Maka routing dari router menuju ke internet sudah terhubung (ditandai dengan tulisan reachable). 
Melakukan static default route agar router terhubung ke internet
 UNTUK PENGGUNA CLI:
[admin@MikroTik] > ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=172.16.11.1



4. Selanjutnya kita tambahkan DNS pada routernya. Klik IP >> DNS.
Memberi DNS pada router

DNS Server isikan 172.16.11.1. Agar router dapat dijadikan DNS, maka kita centang Allow Remote Requestsnya. Kemudian klik OK.
Memberi DNS pada router
UNTUK PENGGUNA CLI:
[admin@MikroTik] > ip dns set servers=172.16.11.1 allow-remote-requests=yes



5. Sekarang kita lakukan ping pada router menuju internet, pada kali ini saya mencoba melakukan ping ke google. Saat melakukan ping menuju internet, pastikan anda mendapatkan reply. 
Mencoba ping ke internet

Dalam hal ini client masih belum terhubung ke internet karena router belum disetting NAT dan Masquerade. Maka agar client dapat terhubung ke internet kita setting NAT dan Masquerade terlebih dahulu pada routernya.

6. Untuk melakukan setting NAT Masquerade klik IP >> Firewall
Setting Firewall NAT

Pada tab NAT klik + untuk menambahkan rule baru. Kemudian pilih tab General, Chain isikan srcnat dan Out. Interface isikan ether1.
Keterangan:
  • NAT (Network Address Translation) : Untuk mentranslasikan IP Address pada jaringan LAN yang bersifat private menjadi IP Address Publik agar dapat dikenali oleh internet.
  • srcnat : Mengubah source address pada paket data agar dapat melakukan akses internet. Sehingga IP Address Private akan disembunyikan dan diganti menjadi IP Address Publik yang terpasang pada interface router.

Setting Firewall NAT

Kemudian pilih tab Action, kita ganti actionnya menjadi masquerade agar IP Address Private akan otomatis berubah menjadi IP Address Publik saat mengakses internet.
Setting Firewall NAT
 UNTUK PENGGUNA CLI:
[admin@MikroTik] > ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquerade



7. Sekarang coba lakukan ping menuju internet pada PC Client, pastikan anda mendapatkan reply. Dalam hal ini PC Client sudah berhasil terhubung ke internet.
Client mencoba ping ke internet


Demikianlah artikel pada kali ini tentang cara mengkoneksikan MikroTik ke Internet melalui LAN. Kurang lebihnya saya mohon maaf, jika ada yang kurang dimengerti atau kurang jelas mohon bertanya pada kolom komentar. Terima Kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel