IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 4.2. Mengkoneksikan Router MikroTik ke Internet menggunakan Hotspot Handphone

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan caranya melakukan interkoneksi router MikroTik ke internet menggunakan hotspot handphone. Berbeda dengan postingan saya yang sebelumnya yaitu menggunakan ethernet tapi pada kali ini kita menggunakan media wireless sebagai sumber internetnya. Jadi nanti kita akan menggunakan hotspot handphone tersebut sebagai sumber internet untuk routernya. Caranya bagaimana? tenang saja tidak perlu takut karena disini akan saya jelaskan bagaimana konfigurasinya, baik menggunakan WinBox ataupun secara CLI.

Konfigurasi

1. Pada langkah pertama ini, pastikan interface wireless pada router anda dalam keadaan aktif. Untuk mengeceknya silahkan klik Wireless kemudian agar interface tersebut aktif klik tombol ceklis.
mengaktifkan interface wirreles
[admin@Gilgan] > interface wireless set 0 disabled=no

2. Kemudian kita beralih pada tab Security Profiles. Disini kita akan menambahkan username dan password yang ada pada access point. Hal ini bertujuan agar router MikroTik dapat menggunakan access point dari handphone anda. Klik + untuk menambahkan password.
membuat security profile access point

Disini kita masukkan nama access pointnya berdasarkan nama hotspot handphone anda. Pilih tipe autentikasi yang anda gunakan lalu masukkan juga password yang digunakan untuk autentikasi.
membuat security profile access point
[admin@Gilgan] > interface wireless security-profiles add name=gilang.gilz wpa-pre-shared-key=gilgan123 wpa2-pre-shared-key=gilgan123 mode=dynamic-keys
Maka akan terbuat security profiles nya.  
membuat security profile access point
[admin@Gilgan] > interface wireless security-profiles print

3. Jika sudah selanjutnya klik Scanner >> Start untuk melakukan scan access point yang tersedia. Pilih hotspot yang anda buat pada handphone anda kemudian klik Connect.
mengkoneksikan mikrotik ke hotspot hp
[admin@Gilgan] > interface wireless scan

4. Kemudian cek kecocokan SSID yang anda buat pada handphone dengan security profiles yang anda buat pada router. Klik Interface >> wlan1 >> Wireless. Pastikan SSID dengan security profiles namanya sama.
Mencocokan SSID dengan security profiles
[admin@Gilgan] > interface wireless set numbers=0 ssid=gilang.gilz security-profile=gilang.gilz
[admin@Gilgan] > interface wireless print

5. Agar router mendapatkan ip address otomatis dari access point, lakukan konfigurasi DHCP Client. Klik IP >> DHCP Client >> +
menjadikan router sebagai dhcp client
[admin@Gilgan] > ip dhcp-client add interface=wlan1 add-default-route=yes use-peer-dns=yes use-peer-ntp=yes disabled=no

6. Apabila konfigurasi IP DCHP Client sudah selesai maka otomatis router anda akan mendapatkan ip address. Sekarang lakukan ping menuju internet dan pastikan mendapatkan reply.
melakukan ping ke google


Demikianlah postingan saya pada kali ini tentang cara melakukan interkoneksi router MikroTik dengan internet menggunakan hotspot handphone. Semoga bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. Jika anda masih kurang paham silahkan bertanya pada kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel