IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 4.3. Mengkoneksikan Router Mikrotik ke Internet Menggunakan Hotspot Handphone (2 kata)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang caranya mengkoneksikan MikroTik ke internet menggunakan hostpot/SSID handphone. Sebenarnya postingan ini sudah saya posting pada kesempatan sebelumnya. Hanya saja, postingan saya yang sebelumnya itu menggunakan SSID dengan 1 kata, misalnya gilangganteng. Nah disini saya ingin menggunakan SSID dengan 2 kata, misalnya gilang ganteng. Oke langsung saja kita lihat konfigurasinya.

Konfigurasi Handphone

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pastikan anda mempunyai handphone. Kemudian atur hotspot SSID, type keamanan dan sandi yang akan anda gunakan pada hotspot handphone anda. Disini saya mengatur SSID dengan nama Moc Gilang dengan type keamanan WPA2 PSK dan sandi untuk hotspotnya adalah 12345678. Kemudian nyalakan hotspot tersebut.
Setting Hotspot


Konfigurasi Router MikroTik

1. Lihat semua interface yang ada pada router MikroTik menggunakan command berikut. 
[admin@Gilang] > interface print
Disana terdapat berbagai interface, karena disini kita akan mengkoneksikan router MikroTik ke internet melalui wireless maka interface yang kita gunakan adalah interface wlan. Disana terlihat bahwa interface wlan1 masih dalam keadaan disable (ditandai dengan tanda X). Maka kita enable kan dulu interface wlan tersebut menggunakan command berikut.
[admin@Gilang] > interface enable wlan1
Mengaktifkan interface wlan


2. Langkah selanjutnya kita buat security profile. Security profile ini gunanya untuk autentikasi. Pastikan saat membuat security profile ini passwordnya sama dengan password yang ada pada hotspot handphone.
Membuat Security Profile


3. Kemudian kita atur untuk koneksi internetnya. Disini kita setting router sebagai station. Gunakan security profile yang kita buat sebelumnya sebagai autentikasi dari koneksi internet yang akan dipakai router.
Mengatur Koneksi Internet

Sekarang atur SSID yang akan digunakan oleh router sebagai sumber internet.
Mengatur Koneksi Internet

Ganti MikroTik menjadi nama SSID yang ada pada handphone anda.
Mengatur Koneksi Internet

Atau anda juga dapat mengetikkan command berikut jika cara pada langkah 3 diatas terlalu ribet. 
[admin@Gilang] > interface wireless set wlan1 mode=station band=2ghz-b/g/n security-profile=gilang ssid="Moc Gilang"


4. Cek inteface wireless anda maka akan muncul informasi mengenai SSID yang telah terkoneksi dengan router anda.
Mengecek Interface Wireless


5. Sampai disini router belum bisa melakukan koneksi ke internet. Mengapa? Karena router belum mempunyai ip address. Kita atur ip address yang ada pada router dengan mengatur router sebagai dhcp-client (penerima ip dynamic). 
Setting DHCP Client


6. Secara default dhcp-client pada interface wireless masih disable dan invalid, maka kita aktifkan terlebih dahulu dhcp-client pada interface wireless. Kemudian cek apakah kita sudah mendapatkan ip address? Jika belum maka tunggu beberapa saat.
Mengaktifkan DHCP Client


7. Cek kembali sampai kita mendapatkan ip address.
Mengecek ip address

Mengecek ip address

Pengujian

Untuk pengujiannya tentu saja dengan melakukan ping ke internet. Disini kita coba lakukan ping ke internet dengan mengetikkan ping google.com. Pastikan saat melakukan ping, anda mendapatkan reply.
Melakukan koneksi ke internet

Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel