IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 3.6. Installasi Mikrotik RouterOS menggunakan Netinstall

Deskripsi

Seperti sistem operasi lainnya, MikroTik RouterOS juga dapat kita install ulang. Install ulang dilakukan jika ada permasalahan pada sistem operasi yang kita gunakan, misalnya ngehang atau permasalahan lainnya. Tetapi ada yang hal yang sedikit berbeda saat kita ingin menginstall ulang MikroTik RouterOS, yaitu menggunakan program aplikasi Netinstall.

Netinstall merupakan program aplikasi yang digunakan untuk menginstall MikroTik RouterOS pada PC atau RouterBoard melalui jaringan ethernet. Jadi, saat kita ingin menginstall ulang MikroTik RouterOS kita harus melalui jaringan ethernet (wajib), Bagaimana jika dilakukan tanpa melalui jaringan ethernet? Jika tidak dilakukan melalui jaringan ethernet maka installasi akan gagal.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Router MikroTik yang ingin di install ulang
  • Program aplikasi Netinstall
  • File .npk yang sesuai dengan sistem dan arsitektur router anda
  • Laptop atau PC
  • Kabel LAN/ethernet
  • Lidi atau alat lainnya untuk menekan tombol reset router

Melakukan Persiapan

1. Kunjungi website resmi MikroTik kemudian download file (.npk) yang dibutuhkan untuk melakukan install ulang MikroTik. Pilih file yang sesuai dengan arsitektur router MikroTik anda dan pilih juga versi RouterOS yang akan anda install. Download juga aplikasi Netinstall nya.
Download file npk dan Download Netinstall


2. Setelah file sudah anda download, buat folder kemudian masukkan file yang anda download tadi kedalam folder tersebut. Disini saya membuat folder dengan nama GilangPackage dan folder tersebut berisi file MikroTik RouterOS yang telah saya download.
Buat folder dan masukkan file MikroTik RouterOS


3. Setelah mendownload file dan aplikasi yang dibutuhkan, selanjutnya matikan (disable) semua network adapter pada laptop atau PC anda. Nyalakan network adapter Ethernet (PCIe GBE Family Controller) saja.
Disable Network Adapter


4. Setting ip address pada laptop atau PC anda pada network adapter tersebut. Isikan sebagai berikut:
Misalnya,
IP Address: 192.168.88.220
Subnet Mask: 255.255.255.0
Gateway: 192.168.88.120
Note "Anda boleh mengganti ip address, subnet mask, dan gateway diatas, tapi dengan catatan harus satu network "
Setting IP Address


5. Matikan semua firewall pada laptop atau PC anda. Jika anda mempunyai antivirus, maka disarankan untuk mematikan antivirus, karena antivirus memiliki firewall.
Disable Firewall dan Antivirus

Melakukan Installasi

1. Buka aplikasi Netinstall yang telah anda download sebelumnya. Untuk membukanya harus menggunakan Run As Administrator (wajib), kalau tidak menggunakan Run As Administrator maka aplikasi tersebut tidak akan terbuka.

Buka Aplikasi Netinstall


2. Pilih Net Booting, centang Boot Server enabled. Kemudian pada Client IP address isikan ip gateway. Karena tadi saya mengatur ip gatewaynya adalah 192.168.88.120, maka saya isi 192.168.88.120.
Setting Boot Server


3. Colokkan kabel LAN pada laptop atau PC anda kemudian hubungkan dengan router MikroTik anda. 
Menghubungkan kabel LAN


4. Kemudian pencet atau colok tombol reset pada router menggunakan lidi atau pengait kecil lainnya.
Note "Jangan nyalakan router dulu, cabut kabel power yang ada pada router anda"
Menekan tombol Reset


5. Jangan lepas lidi yang ada pada tombol reset. Setelah tombol reset sudah benar di pencet, barulah pasang kabel power pada router (pencet terus tombol reset). Coba lihat pada Netinstall, dan jangan lepaskan lidi pada tombol reset sampai router anda terdeteksi pada Netinstall.
Memasang kabel power


6. Setelah router anda terdeteksi, masukkan folder yang berisi file MikroTik RouterOS. Klik Browse, kemudian pilih folder yang berisi file MikroTik RouterOS.
Memasukkan file MikroTik RouterOS


7. Maka akan muncul file tersebut beserta deskripsinya, centang file tersebut kemudian klik Install untuk melakukan installasi MikroTik RouterOS.
Melakukan Installasi MikroTik RouterOS

Installasi MikroTik RouterOS sedang berlangsung.
Installasi MikroTik RouterOS sedang berlangsung


8. Setelah installasi selesai, anda dapat menutup jendela Netinstall.
Installasi MikroTik RouterOS selesai


9. Coba lakukan login menggunakan WinBox.
Melakukan login menggunakan WinBox


10. Setelah login berhasil, pada bagian title bar WinBox disana terlihat arsitektur dan versi RouterOS yang anda gunakan.
Mengecek Arsitektur dan Versi RouterOS


11. Anda dapat mengecek arsitektur dan versi router yang anda gunakan dengan mengklik menu System >> Resources
Mengecek Arsitektur dan Versi RouterOS


Demikianlah artikel pada kali ini tentang cara install ulang MikroTik RouterOS. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua yang masih belajar dan mendalami materi tentang MikroTik. Bagi anda yang masih kurang paham atau kurang jelas akan artikel yang saya sampaikan ini, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel