IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 5. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Router MikroTik

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur pada router MikroTik. Oke langsung saja saya jelaskan mengenai topik tersebut. 

Salah satu cara admin jaringan dalam mengurangi beban router adalah dengan menonaktifkan fitur yang tidak dibutuhkan, misalnya dalam suatu kasus, admin jaringan tidak menggunakan fitur hotspot yang terdapat pada router MikroTik. Jika admin jaringan tersebut membiarkan fitur tersebut tetap aktif, tentu saja hal tersebut akan menambahkan beban pada router. Untuk mengurangi beban yang ada pada router, admin jaringan menggunakan salah satu cara yaitu dengan menonaktifkan fitur yang tidak digunakan sehingga beban router menjadi lebih ringan.

Disini saya akan mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan fitur yang terdapat pada router MikroTik. Untuk lebih jelasnya silahkan pahami dan ikuti langkah dibawah ini.

Menonaktifkan Fitur pada Router MikroTik

1. Lakukan login router MikroTik. Kemudian kita cek dahulu fitur yang akan kita nonaktifkan. Disini saya mencoba menonaktifkan fitur hotspot pada router MikroTik saya. Pada gambar dibawah, saya masih bisa melihat fitur hotspot pada router MikroTik saya.
Mengecek fitur hotspot


2. Masuk ke menu Packages. Untuk pengguna GUI dapat mengklik menu System >> Packages. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut untuk melihat paket yang terdapat pada router MikroTik.
[admin@MikroTik] > system package print 
Disini kita mencoba menonaktifkan fitur hotspot pada router MikroTik, caranya klik fitur tersebut kemudian klik Disable. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut.
[admin@MikroTik] > system package disable hotspot
Menonaktifkan Fitur Hotspot

Maka akan terdapat tulisan scheduled for disable, artinya fitur tersebut sudah dijadwalkan akan nonaktif setelah anda me-restart router. 
Menonaktifkan Fitur Hotspot

Kemudian lakukan restart dengan mengklik menu System >> Reboot. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut.
[admin@MikroTik] > system reboot  

3. Lakukan login kembali kemudian lihat pada Packages. Bisa kita lihat disini fitur tersebut sudah nonaktif.
Melihat fitur yang di nonaktifkan


4. Sekarang kita coba lihat fitur hotspotnya sudah tidak ada.
Mengecek fitur hotspot

Mengaktifkan Fitur pada Router MikroTik

1. Untuk mengaktifkan fitur hampir sama seperti cara menonaktifkan fitur yang sudah saya jelaskan diatas. Pertama masuk menu Packages dengan mengklik menu System >> Packages. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut untuk melihat fitur yang aktif dan nonaktif.
[admin@MikroTik] > system package print 

2. Kemudian pilih fitur yang ingin anda aktifkan, misalnya disini fitur hotspot saya nonaktif dan saya ingin mengaktifkan kembali fitur hotspotnya. Klik fitur tersebut kemudian klik Enable. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut
[admin@MikroTik] > system package enable hotspot  
Mengaktifkan fitur hotspot

Maka akan terdapat tulisan scheduled for enable, artinya fitur tersebut sudah dijadwalkan akan aktif setelah anda me-restart router. 
Mengaktifkan fitur hotspot


3. Lakukan restart dengan mengklik menu System >> Reboot. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut.
[admin@MikroTik] > system reboot

4. Kemudian lakukan login kembali lalu cek Packages maka fitur tersebut akan aktif. Untuk pengguna CLI dapat mengetikkan command berikut untuk mengecek fitur yang aktif dan nonaktif pada router.
[admin@MikroTik] > system package print 
Mengecek fitur


5. Cek juga fitur yang yang anda aktikan tadi. Pastikan saat mengecek fitur, terdapat fitur yang anda aktifkan tadi.
Mengecek fitur


Demikianlah artikel pada kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika terdapat kesalahan penulisan kata dalam artikel ini saya mohon maaf. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan topik yang saya bahas pada kali ini, anda dapat menuliskan keluhan anda pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel