IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 9.2. Konfigurasi PhpPgAdmin Postgresql CentOS7

Konsep Dasar

PhpPgAdmin adalah antarmuka administrasi untuk PostgreSQL. PhpPgAdmin dikodekan di PHP. Dengan PhpPgAdmin, anda dapat mengelola Server PostgreSQL yang jauh. Proyek yang serupa dengan PhpPgAdmin adalah PhpMyAdmin untuk MySQL Server.

Topologi

Topologi

Konfigurasi

1.Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall repositori epel terlebih dahulu. Repositori epel tersebut digunakan untuk menginstall PhpPgAdmin nantinya.
Menginstall repositori epel


2. Jika repositori epel sudah terinstall, sekarang install paket PhpPgAdmin dengan menggunakan repositori yang telah terinstall tadi.
Menginstall PhpPgAdmin


3. Setelah itu edit file config.inc.php pada direktori /etc/phpPgAdmin.
[root@gilang ~]# nano /etc/phpPgAdmin/config.inc.php
Kemudian ubah script seperti gambar dibawah untuk mendefinisikan dimana letak postgresql servernya. Disini saya mengaturnya menjadi localhost, karena postgresql server dan phpPgAdmin berada dalam satu server yang sama. Untuk mengaturnya terletak pada baris $conf['servers'][0]['host'].
Mengedit file config.inc.php


4. Kemudian atur path pg_dump_path dan pg_dumpall_path ke direktori pg_dumb pada perangkat lunak postgresql. Jika hal tersebut tidak diatur, maka akan muncul output failed to execute pg_dump, Please, fix this path in your configuration and relog, yang nantinya menyebabkan phpPgAdmin Postgresql ini tidak berjalan dengan baik.
Mengedit file config.inc.php


5. Nonaktifkan extra_login_security yaitu dengan mengubah valuenya menjadi false. Karena hal ini memungkinkan user (pengguna) tidak bisa login ke PhpPgAdmin dengan alasan kemanan atau security.
Mengedit file config.inc.php


6. Agar hanya owner yang dapat login atau mengakses database, ubah value menjadi true pada baris owned_only.
Mengedit file config.inc.php


7. Kemudian edit file konfigurasi pada pg_hba.conf.
Membuka file pg_hba.conf

Cari baris seperti gambar dibawah ini, uncommand (hilangkan tanda #) pada setiap host yang ada dan mengatur methodnya menjadi md5, pada baris local biarkan saja methodnya seperti default (peer), kemudian tambahkan satu host dengan ip address loopback. Setelah itu edit salah satu ip address pada host yang lain dengan mengaturnya menjadi ip address server.
Mengedit file pg_hba.conf


8. Edit file konfigurasi phpPgAdmin pada direktori /etc/httpd/conf.d/.
[root@gilang ~]# nano /etc/httpd/conf.d/phpPgAdmin.conf
Kemudian atur ip mana saja yang dapat mengakses PhpPgAdmin. Hal ini digunakan agar tidak semua orang dapat mengakses PhpPgAdmin. Misalnya disini saya hanya mengizinkan orang yang terhubung ke satu jaringan yang dapat mengakses PhpPgAdmin, maka saya akan menambahkan ip nework pada baris Require ip. Tambahkan ip network pada baris Require ip didalam tag IfModule mod_authz_core.c.
Mengedit file phpPgAdmin.conf

9. Kemudian lakukan restart pada service postgresql agar server dapat melakukan perubahan terhadap file yang telah dikonfigurasi.
Restart postgresql


10. Izinkan akses SELinux Boolean agar user (pengguna) dapat mengakses database melalui website.
Memberi akses selinux

Verifikasi

1. Akses database server pada client menggunakan web browser dengan mengetikan nama domain pada kotak URL, kemudian dibelakangnya diikuti dengan /phpPgAdmin Maka akan muncul halaman utama dari phpPgAdmin
Mengakses phpPgAdmin


2. Sekarang kita lakukan login, menuju halaman login dengan mengklik PostgreSQL.
Mengakses phpPgAdmin


3. Lakukan login dengan mengetikkan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.
Mengakses phpPgAdmin


4. Sekarang anda telah login dan masuk ke dalam dashboard konfigurasi database phpPgAdmin.
Mengakses phpPgAdmin


Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel