IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 9.7. Konfigurasi Database MySQL CentOS7

Konsep Dasar

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multi thread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Topologi

Topologi

Konfigurasi

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall repositori centos-release-scl-rh dan centos-release-scl terlebih dahulu. Karena nanti kita akan menginstall MySQL nya dengan menggunakan repositori tersebut.
Menginstall repositori centos-release-scl


2. Setelah repositori centos-release-scl telah di install, kemudian install MySQL dengan menggunakan repositori centos-sclo-rh yang sudah terinstall tadi.
Menginstall MySQL


3. Setelah itu aktifkan scl bash pada MySQL agar dapat berjalan saat anda melakukan reboot server. Jika ingin melihat versi MySQL, ketikkan command mysql -V Untuk melihat letak direktori binari MySQL, anda dapat mengetikkan command which mysql.
Mengaktifkan bash MySQL


4. Setelah itu buat file executeable mysql di dalam direktori /etc/profile.d/
[root@gilang ~]# nano /etc/profile.d/rh-mysql57.sh
Edit file tersebut dengan menambahkan script seperti pada gambar dibawah ini.
Mengedit file executeable
Keterangan:

  • #!/bin/bash biasa disebut dengan bangshell, ini digunakan untuk mendefinikan/memberitahu shell linux program apa yang yang digunakan untuk menjalankan script tersebut pada saat dieksekusi. Pada dasarnya bash adalah sh, dengan lebih banyak fitur dan syntax yang lebih baik. Sebagian besar perintah bekerja sama, tapi berbeda.
  • Source adalah perintah shell built-in bash yang mengeksekusi konten file yang dilewatkan sebagai argumen, ini digunakan untuk load fungsi file sesuai yang sudah diarahkan kedalam script shell.
  • Export membuat variabel tersedia untuk sub proses, maksudnya nama variabel tersedia untuk setiap proses yang dijalankan dari proses shell tersebut



5. Edit file konfigurasi MySQL, yaitu pada file mysql-server.cnf yang terletak pada direktori /etc/opt/rh/rh-mysql57/my.cnf.d/
Membuka file mysql-server.cnf

Cari bagian [mysqld] kemudian dibawahnya tambahkan baris character-set-server=utf8. Hal tersebut berguna untuk mendefinisikan tipe karakter yang digunakan adalah utf8 secara default.
Mengedit file mysql-server.cnf


6. Jalankan serta aktifkan MySQL agar dapat berjalan otomatis pada saat anda melakukan reboot server.
Mengaktifkan mysql


7. Setting mysql dengan cara mengetikkan command mysq_secure_installation. Kemudian anda akan diminta untuk memberikan password untuk root mysql.
Setting mysql

Muncul pertanyaan Remove Anonymous users? Masukkan 'y' kemudian tekan Enter. Hal ini berfungsi untuk menghapus user anonimous.
Setting mysql

Muncul petanyaan Disallow root login remotely? Masukkan 'y' kemudian tekan Enter. Hal ini digunakan untuk tidak mengizinkan mysql di remote pada perangkat yang lain.
Setting mysql

Muncul pertanyaan Remove test database and access to it? Masukkan 'y' kemudian tekan Enter. Hal ini berguna untuk menghapus database dan akses menuju database tersebut.
Setting mysql

Muncul pertanyaan Reload privilege tables now? Masukkan 'y' kemudian tekan Enter. Hal ini berguna untuk melakukan reload tabel perizinan.
Setting mysql


8. Langkah selanjutnya agar client dapat mengakses mysql maka tambahkan service mysql pada firewall kemudian lakukan reload pada firewall.
Mengaktifkan mysql pada firewall

Verifikasi

1. Akses MySQL pada server, dengan mengetikkan command mysql -u root -p.
  • option -u berarti user yang digunakan untuk meremote yaitu root. 
  • option -p merupakan option untuk passwordnya.
Mengakses mysql


2. Jika ingin melihat user dan host yang digunakan, ketikkan command select user,host from mysql.user;.
Melihat user dan host


3. Jika ingin melihat daftar dari database, ketikkan command show databases; Jika anda ingin keluar dari MySQL ketikkan quit.
Melihat database


Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel