IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 9.5. Konfigurasi PhpMyAdmin MariaDB CentOS7

Konsep Dasar

PhpMyAdmin adalah perangkat lunak open source yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui web. PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain.

Topologi

Topologi

Kofigurasi

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall paket php terlebih dahulu agar server dapat menampilkan file yang berformat php pada web browser. Untuk menginstall paket php ketikkan command berikut.
[root@gilang ~]# yum install -y php


2. Lakukan installasi repositori epel, karena nanti kita akan menginstall phpMyAdmin menggunakan repositori epel tersebut. 
Menginstall repositori epel


3. Setelah repositori epel telah terinstall, kemudian lakukan installasi paket phpMyAdmin menggunakan repositori epel tersebut.
Menginstall paket PhpMyAdmin


4. Edit file konfigurasi phpMyAdmin yang terletak di direktori /etc/httpd/conf.d/
[root@gilang ~]# nano /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf
Tambahkan ip mana saja yang dapat mengakses PhpMyAdmin. Karena pada kali ini saya ingin semua user yang terhubung ke satu jaringan dapat mengakses PhpMyAdmin, maka saya tambahkan ip network pada baris Require ip. Tambahkan ip network pada baris Require ip pada script <Directory /usr/share/phpMyAdmin> dan <Directory /usr/share/phpMyAdmin/setup/>
Mengedit file phpMyAdmin.conf
<Direktori /usr/share/phpMyAdmin>

Mengedit file phpMyAdmin.conf
<Directory /usr/share/phpMyAdmin/setup/>


5. Kemudian lakukan restart pada service httpd agar server dapat melakukan perubahan terhadap file yang telah anda konfigurasi.
Melakukan restart httpd

Verifikasi

1. Akses phpMyAdmin pada web browser client dengan cara mengetikkan nama domain pada kotak URL browser kemudian dibelakangnya diikuti dengan /phpmyadmin Maka akan terbuka halaman login dari phpMyAdmin. Lakukan login dengan user yang ada, pada kali ini saya menggunakan user root beserta passwordnya untuk melakukan login.
Mengakses PhpMyAdmin


2. Sekarang kita sudah memasuki tampilan dashboard dari phpMyAdmin, kita dapat mengkonfigurasi file database menggunakan website dan tentunya hal ini memudahkan kita karena tidak perlu lagi menggunakan perintah tertentu pada terminal.
Mengakses PhpMyAdmin


Demikianlah artikel pada kali ini jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang anda baca, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jika anda masih kurang paham atau kurang mengerti akan artikel yang saya sampaikan, anda dapat mengetikkan keluhan anda melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel