IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

Setting DLink IP Camera (DCS-5222LB1)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu saya tentang cara setting DLink IP Camera, untuk versinya sendiri disini saya menggunakan DCS-5222LB1. Oke tidak usah berlama lama lagi langsung saja kita menuju penyetingannya.

Untuk memulai setting IP Cameranya disini kita butuh software tambahan dari DLinknya itu sendiri. Untuk softwarenya bisa didownload pada website resmi Dlink di: 
Untuk download softwarenya pastikan sesuai dengan versi Dlinknya, misalnya versi Dlinknya adalah DCS-5222LB1, maka download software yang sesuai dengan versi tersebut. Misalnya ada beberapa Rev seperti Rev A dan Rev B, maka sesuaikan lagi dengan Dlinknya. Untuk rincian Dlinknya bisa dilihat pada kemasan.



Setting DLink

1. Buka aplikasi Dlinknya kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Silahkan pilih bahasa kemudian klik Start untuk memulai konfigurasi.


2. Centang I accept these terms and conditions kemudian klik Next.


3. Klik Next.


4. Klik Next.


5. Klik Next.


6. Klik Next.


7. Maka akan muncul pemberitahuan seperti berikut, jika lampu Dlink nyala berwarna hijau maka klik Yes, jika lampu Dlink nyala berwarna merah maka hubungkan Dink terlebih dahulu ke switch.


8. Disini aplikasi mydink akan melakukan scan terhadap Dlink kita, jika sudah muncul maka pilih kemudian masukkan password untuk user admin. Untuk passwordnya sendiri terserah anda mau anda isi apapun boleh, tapi diingat jangan dilupakan.


9. Karena disini kita melakukan koneksinya menggunakan kabel, maka pilih Ethernet Cable.


10. Disini kita belum mempunyai akun mydink sama sekali. Kita pilih saja No, I want to sign up for a new account. Kemudian masukkan email, password, serta nama untuk membuat akun mydlink.


11. Sampai disini konfigurasi Dlink sudah selesai, klik Finish.


12. Kita akan diarahkan menuju website resmi Dlink, masukkan akun Dlink kemudian klik Sign In.


13. Centang I have read the Terms of Use and Privacy Policy kemudian klik Accept.


14. Pada bagian Profile Information kita atur nama, bahasa, dan negara kita terlebih dahulu, jika sudah maka klik Apply.


15. Selanjutnya klik My Devices untuk melihat Dlink kita.


16. Maka akan muncul pop up seperti gambar dibawah, kita harus menginstall mydlink service plugin terlebih dahulu. Klik Download Plug-in.


17. Kemudian klik tambahkan aplikasi, maka mydlink service plugin akan terdownload. Jika sudah selesai akan terinstall otomatis dan pastikan mydlink service plugin telah aktif.

18. Saat sudah selesai menginstall mydlink service plugin maka halaman browser akan merefresh untuk menjalankan pluginnya.


19. Tunggu beberapa saat dan taraaaaa anda sudah melihat orang tamfan yang sedang ngonfig DLink.

Untuk melihat IP Cameranya menggunakan ip address, anda tinggal ketikkan saja ip address si IP Cameranya di browser, nanti misalnya diminta masukkan username dan password, masukkan username admin dengan password yang anda konfigurasi sebelumnya.

Baiklah kira-kira itulah sedikit materi mengenai cara install DLink IP Camera, untuk beberapa versi kurang lebih sama installasinya seperti diatas. Untuk anda yang masih belum paham tentang installasi diatas, anda bisa bertanya melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel