IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

MTCNA 3.2. Install MikroTik menggunakan QEMU di Windows

Konsep Dasar

QEMU merupakan suatu program yang digunakan untuk menjalankan emulasi suatu sistem operasi. Untuk memulai menggunakan QEMU anda harus membuat virtual harddisk terlebih dahulu yang kemudian virtual harddisk tersebut akan di isi oleh suatu sistem operasi. Dalam menggunakan qemu ini tentunya agak sulit bagi orang awam karena dari mulai membuat sampai mengisi sistem operasi tersebut menggunakan command tertentu.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan caranya menginstall MikroTik menggunakan QEMU di Windows. Untuk itu ikuti langkah-langkah dibawah ini.
Note "Untuk pengguna linux klik link berikut"

Installasi Mikrotik

1. Download ISO Mikrotik di website resmi www.mikrotik.com atau www.routeros.co.id. Setelah didownload, langkah selanjutnya adalah copy ISO Mikrotik yang anda download tadi ke direktori C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0. Kemudian rename menjadi mikrotik.iso.
Memasukkan iso



2. Buka command prompt (Run As Administrator). Kemudian buat file dengan ekstensi .img (dot img). Caranya dengan mengetikkan command berikut ini pada command prompt anda.
Ingat "Command prompt yang dijalankan harus menggunakan administrator (Run As Administrator)"
C:\WINDOWS\system32> cd C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0> qemu-img.exe create -f qcow mikrotik.img 256M
Formatting 'mikrotik.img', fmt=qcow size=268435456 encryption=off
Membuat image
Note "file .img (dot img) yang baru anda buat hanya berukuran kecil (sekitar 2kb) karena file tersebut masih kosong dan belum di isi installasi Mikrotik RouterOS"



3. Isi file .img (dot img) yang anda buat tadi dengan installasi Mikrotik RouterOS. Caranya dengan mengetikkan perintah berikut pada command prompt anda untuk memulai installasi Mikrotik RouterOS pada QEMU.
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0> qemu.exe mikrotik.img -boot d -cdrom "mikrotik.iso"



4. Maka akan muncul pop up QEMU yang berisi installasi Mikrotik RouterOS. Pilih semua fitur pada Mikrotik dengan menekan tombol a pada keyboard kemudian mulai installasi dengan menekan tombol i pada keyboard.
Lalu muncul pertanyaan "Do you want to keep old configuration? [y/n]" ketik "n" dan "Continue?" ketik "y"
Installasi MikroTik



5. Setelah installasi selesai, anda bisa langsung tutup jendela QEMU.
Installasi MikroTik



6. Coba jalankan Mikrotik RouterOS yang anda install tadi dengan mengetikkan command berikut ini pada command prompt.
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0> qemu.exe mikrotik.img -boot c



7. Maka akan muncul pop up QEMU, tunggu sampai muncul login Mikrotik. Jika sudah muncul login Mikrotik berarti Mikrotik RouterOS sudah berhasil terinstall dalam file .img (dot img) yang anda buat. Anda dapat langsung menutup jendela QEMU kembali atau melakukan login terlebih dahulu terserah anda.
 MikroTik login

Integrasi Mikrotik Router OS ke GNS3

1. Setelah melakukan installasi Mikrotik menggunakan QEMU, selanjutnya kita integrasikan Mikrotik RouterOS tadi kedalam GNS3. Pertama buka terlebih dahulu simulator GNS3. Kemudian klik Edit >> Preferences.
Mengintegrasikan ke GNS3



2. Pilih QEMU VMs kemudian klik New.
Membuat machine QEMU di GNS3



3. Berikan nama untuk router Mikrotik anda. Dalam percobaan kali ini saya memberi nama router Mikrotik saya dengan nama "Mikrotik OS". Setelah memberi nama router anda bisa langsung mengklik Next.
Memberi nama router



4. Qemu binary biarkan default saja. Untuk RAM, anda bisa sesuaikan sesuai kebutuhan anda. Pada kali ini saya memberi RAM pada router saya sebesar 256MB.
Memberi RAM untuk router



5. Pilih New Image kemudian masukkan file .img (dot img) yang sudah di isi installasi Mikrotik Router OS yang sudah anda buat sebelumnnya. Caranya klik Browse.. kemudian masuk ke direktori C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0, lalu pilih file .img (dot img) yang sudah berisi installasi Mikrotik Router OS. Setelah itu klik Open.
Note "Jika saat memasukkan file .img (dot img) yang berisi instalasi Mikrotik Router OS dan muncul pop up yang bertuliskan Would you like to copy namaimage to default images directory, anda bisa memilih yes atau no terserah anda karena tidak berpengaruh tetapi lebih baik pilih yes karena file .img (dot img) yang digunakan dapat dicopy otomatis pada directory image GNS3"
Memasukkan virtual machine image



6. Setelah anda masukkan, anda bisa langsung mengklik Finish.
Memasukkan virtual machine image



7. Sebenarnya sampai disini sudah terintegrasi dengan GNS3, tetapi router yang kita buat masih menggunakan symbol komputer dengan gambar QEMU. Untuk mengganti symbol tersebut menjadi symbol router kita bisa mengklik Edit.
Selesai mengintegrasikan



8. Kemudian pada symbol klik Browse.. setelah itu cari dan pilih symbol router. Kemudian klik OK.
Merubah simbol router



9. Sekarang symbol yang digunakan router kita sudah berubah menjadi symbol router. Klik OK untuk menyimpan.
Merubah simbol router



10. Dapat kita lihat pada gambar tersebut router kita sudah siap untuk digunakan. Klik OK.
Merubah simbol router



11. Sekarang kita coba router yang kita buat tadi. Masukkan router tersebut kedalam area kerja GNS3, kemudian klik Start untuk menyalakan router lalu klik Console untuk memulai booting router menggunakan QEMU.
Melakukan percobaan router



12. Tunggu hingga booting selesai (biasanya memang lama). Maka akan muncul login Mikrotik seperti pada gambar dibawah. Secara default Mikrotik menggunakan username dengan nama admin dan password kosong (tidak ada). Lakukan login dengan username admin dan passwordnya kosongkan saja.
Melakukan login MikroTik




13. Anda berhasil login, sekarang router Mikrotik anda siap untuk dikonfigurasi.
Tampilan console MikroTik


Demikianlah artikel pada kali ini mohon maaf bila ada yang kurang jelas dalam segi perkataan. Jika anda masih belum paham silahkan bertanya pada kolom komentar. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel