IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 8.3. Konfigurasi PHP Web Server Apache CentOS7

Konsep Dasar

PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net. PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. Sekarang, PHP banyak sekali dipakai untuk memprogram situs web dinamis. Selain itu, PHP juga dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. 

Persiapan

  • Sistem operasi CentOS sebagai penyedia web server.
  • Sistem operasi Windows sebagai client yang menerima layanan web server.

Topologi dan Ketentuan

Topologi web server
  • Domain yang digunakan : gilang.net
  • IP Address Server CentOS : 172.16.11.220/24
  • IP Address Client : 172.16.11.50/24
  • Membuat PHP Web Server

Konfigurasi

1. Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mengkonfigurasi php web server adalah anda harus menginstall paket tambahan php terlebih dahulu. Untuk menginstall paket tambahan php, anda dapat menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# yum install php php-mbstring php-pear -y


2. Setelah paketnya sudah terinstall saatnya kita melakukan konfigurasi file php.ini. Konfigurasi dilakukan dengan melakukan editing pada ;date.timezome. Terlebih dahulu buka file php.ini menggunakan command berikut. 
[root@gilang ~]# nano /etc/php.ini
Cari script yang bertuliskan ;date.timezone. Kemudian edit scriptnya dan samakan scriptnya seperti gambar dibawah kemudian save. 
edit date timezone


3. Seperti biasa setelah kita melakukan editing file, selanjutnya kita lakukan restart httpd agar server dapat melakukan perubahan system. Lakukan restart httpd menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# systemctl restart httpd  


4.  Selanjutnya barulah kita buat file index.php yang nantinya akan dijadikan tampilan web server. Pertama kita membuat dulu file index.php nya menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# nano /var/www/html/index.php
Setelah membuat file index.php, langkah selanjutnya adalah memasukkan script php untuk tampilan web server nantinya. Masukkan script berikut pada file index.php. Script dibawah ini digunakan untuk menampilan tahun, bulan, dan hari. Karena kita tadi mensetting date.timezone di Jakarta maka nanti penampilan tahun, bulan, dan harinya sesuai dengan date timezone yang ada di daerah Jakarta.
<html>
<body>
<?php
print Date("Y/M/D");
?>
</body>
</html>


5. Setelah kita membuat file index.php dan mengisinya dengan script berbasis php, maka langkah selanjutnya lakukan pengecekan pada client, anda hanya tinggal buka browser kesayangan anda kemudian masukkan alamat domain pada kota URL browser. 
www.gilang.net/index.php
Mengapa harus menggunakan index.php? karena file phpnya terletak pada file index.php, jika tidak memakai kata index.php di belakang domain maka yang muncul bukan php web server yang anda buat. Berikut php web server yang dibuat. Bisa kita lihat disini terdapat informasi mengenai tahun, bulan, dan hari yang sesuai dengan date timezone yang ada di daerah Jakarta.
Mengecek php web server


Demikianlah artikel tentang cara konfigurasi php web server apache pada sistem operasi CentOS7. Jika anda masih merasa kurang paham atau kurang jelas silahkan berkomentar pada kolom komentar. Bagi anda yang ingin melanjutkan lebih jauh tentang web server CentOS silahkan klik link berikut.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel