IT Bootcamp

Belajar Mengenai Jaringan, Server, dan Website.

LAB 8.2. Konfigurasi CGI Web Server Apache CentOS7

Konsep Dasar

CGI (Command Gateway Interface) merupakan suatu bentuk komunikasi yang terjadi antara client dan server, dimana client mengirimkan suatu masukkan kepada server dan server mengolah masukkan yang dikirimkan oleh client serta mengembalikan kembali kepada client. CGI pada awal mulanya merupakan salah satu program yang hampir sama dengan aplikasi server-side programming. Program CGI yang paling sering digunakan oleh kebanyakan programmer adalah C++ dan Perl. CGI dapat berkomunikasi dengan program lainnya yang terdapat di server.

Program CGI didesain untuk menerima dan mengembalikan data yang sesuai dengan spesifikasi CGI. Program tersebut dapat ditulis dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman diantaranya C, Perl, Java, atau Visual Basic.

Persiapan

  • Sistem operasi CentOS sebagai penyedia web server.
  • Sistem operasi Windows sebagai client yang menerima layanan web server.

Topologi dan Ketentuan

Topologi Web Server
  • Domain yang digunakan : gilang.net
  • IP Address Server CentOS : 172.16.11.220/24
  • IP Address Client : 172.16.11.50/24
  • Membuat CGI Web Server


Konfigurasi

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall paket perl CGI yang akan digunakan untuk web server CGI nantinya. Lakukan installasi paket perl CGI menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# yum install perl perl-CGI policycoreutils-python -y


2. Setelah menginstall paket perl CGI, selanjutnya cek CGI nya menggunakan command berikut ini dan pastikan cgi-bin sudah ada atau muncul.
[root@gilang ~]# grep -n "^ *ScriptAlias" /etc/httpd/conf/httpd.conf
Gambar dibawah ini menunjukkan bahwa cgi-bin sudah ada atau muncul.
Mengecek cgi-bin
Keterangan:
ScriptAlias /cgi-bin/ "/var/www/cgi-bin" : menandakan bahwa cgi-bin sudah ada atau muncul.



3. Selanjutnya kita edit file cgi-enabled.conf. Kita buka dulu file cgi-enabled.conf menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# nano /etc/httpd/conf.d/cgi-enabled.conf
Kemudian isi dengan script berikut.
<Directory "/var/www/html/cgi-enabled">
Options +ExecCGI
AddHandler cgi-script .cgi .pl
</Directory>
Keterangan:
Directory "/var/www/html/cgi-enabled" : merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan file yang berisi script perl yang nantinya akan digunakan sebagai tampilan web server CGInya.
AddHandler cgi-script .cgi .pl : ekstensi script yang akan digunakan untuk membuat web servernya. Karena disini kita akan membuat web server berbasis perl maka kita tambahkan script tersebut.


4. Setelah melakukan penyetingan pada tempat penyimpanan script file CGI yang akan digunakan sebagai tampilan web server, selanjutnya kita lakukan restart httpd. Tujuan kita melakukan restart httpd adalah agar system server dapat merefresh dan menemukan script yang tadi kita tambahkan. Lakukan restart httpd menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# systemctl restart httpd


5. Karena didalam direktori /var/www/html masih belum ada folder cgi-enabled maka kita buat terlebih dahulu folder tersebut. Karena folder tersebut yang nantinya akan menyimpan file yang berisi script perl. Kita buat folder cgi-enabled menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# mkdir /var/www/html/cgi-enabled


6. Selanjutnya kita berikan permission kepada folder cgi-enablednya menggunakan chcon. Untuk command lengkapnya silahkan lihat berikut ini.
[root@gilang ~]# chcon -R -t httpd_sys_script_exec_t /var/www/html/cgi-enabled/

Beri permission juga untuk Selinux menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# semanage fcontext -a -t httpd_sys_script_exec_t /var/www/html/cgi-enabled


7. Setelah memberi permission barulah kita membuat file index.cgi yang nantinya akan digunakan untuk  web server yang menggunakan CGI nya. Buat file index.cgi menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# nano /var/www/html/cgi-enabled/index.cgi
Setelah membuat file index.cgi nya, kemudian kita isikan script berbasis perl berikut. Script dibawah ini digunakan untuk tampilan web server berbasis CGI nantinya. 
#!/usr/bin/perl
print "Content-type: text/html\n\n";
print "<html>\n<body>\n";
print "CGI Test Page in Gilang.net"
print "\n</div>\n";
print "</body>\n</html>\n";


8. Lakukan CHMOD (Change Mode) ke file index.cgi tadi. CHMOD ini digunakan untuk merubah permission terhadap suatu file. Lakukan CHMOD menggunakan command berikut.
[root@gilang ~]# chmod 705 /var/www/html/cgi-enabled/index.cgi


9. Setelah semua konfigurasi anda lakukan mulai dari memberi permission dan lainnya, barulah anda cek menggunakan client di browser kesayangan anda. Tuliskan pada kotak URL browser [namadomain]/cgi-enabled/index.cgi. Karena nama domain saya adalah gilang.net, jadi saya menuliskannya seperti berikut.
www.gilang.net/cgi-enabled/index.cgi
Maka tampilan halaman webnya akan sesuai dengan script perl yang kita buat pada step 7. Jadinya akan seperti gambar dibawah. Mengapa di belakang domain kita harus mengetikkan /cgi-enabled/index.cgi? Ya karena kita menyimpan script perl nya di direktori tersebut, maka kita tuliskan nama direktorinya (cgi-enabled) beserta filenya (index.cgi) agar dapat terbuka di web server kita.
Mengecek cgi web server apache


Demikianlah artikel pada kali ini tentang cara konfigurasi CGI web server apache pada sistem operasi CentOS7. Jangan lupa masih ada artikel selanjutnya untuk membuat web server apache pada sistem operasi CentOS7 ini. Jangan sampai ketinggalan artikel dan jangan lupa subscribe website ini. Sekian postingan kali ini kurang lebihnya mohon maaf, jika tidak ada yang dimengerti silahkan berkomentar pada kolom komentar. Untuk melanjutkan web server CentOS ini silahkan anda klik link berikut.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Search Panel